Mahmudi, Khoirudin Nur (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM PENERAPAN SIKAP DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900048_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900048_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
Abstract
Peran guru dalam menerapkan sikap didiplin pada siswa sekolah dasar sangat lah di butuhkan, karena guru dapat menbentuk siakp disiplin bagi siawanya. Tujuan penelirtian ini adalah untuk mengetahui atau mendeaskripsikan peran guru dalam menerapkan karakter displin pada siswanya dan apakah penereapan sikap disiplin disekolah dasar talah diterapkan dengan baik. Jenis Metode yang digunakan dalam penellitian ini yaitu deskriptif kualitatif di mana metode ini menggambarkan kejadian yang sebenarnaya dilapangan, tehnik metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang kami dapatkan pada saat wawancara yaitu: 1. Mengetahui peran guru sebagai seorang pendidik dan pembimbing bagi siswa 2. Menerapkan peraturan atau tata tertip di sekolah 3. Memberikan pengetahuan tentang kedisiplinan pada siswa 3. Mengajak anak untuk menaati peraturan yang telah diterapkan. Dan hasil yang kami dapat kan dari penelitian obserfasi yaitu: 1. Disiplin dalam mentaati tata tertib dikategorikan baik. 2. Disiplin dalam berpakian di kategorikan sangat baik 3. Disiplin dalam kebersihan lingkungan dikategorikan baik 4. Disiplin dalam mengikuti dan mengatur waktu belajar dikategorikan Baik 5. Disiplin dalam mengumpulkan tugas dikategorikan Cukup Baik. Kata kunci: guru, anak sekolah dasar, kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:03 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32124 |
Actions (login required)
View Item |