ANALISIS FINANCIAL STATEMENT FRAUD : PERSPEKTIF FRAUD TRIANGLE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Periode 2021)

Ulli, Ni’am (2023) ANALISIS FINANCIAL STATEMENT FRAUD : PERSPEKTIF FRAUD TRIANGLE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Periode 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900122_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900122_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini guna menganalisis indikasi terjadinya fraud dalam perspektif fraud triangle terhadap financial statement fraud. Variabel independen dalam indikasi tersebut dengan fraud triangle berupa pressure (diukur dengan proksi financial stability, personal financial need, external pressure, financial target), opportunity (diukur dengan proksi nature of industry, ineffective monitoring), dan rationalization (diukur dengan proksi change in auditor). Pada variabel dependen berupa fraud financial statemen diukur dengan Beneish M-Score dilanjutkan dengan variabel dummy. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2021. Penelitian ini menggunakan proportional stratified random sampling dengan menggunakan perusahaan manufaktur sektor tekstil, garmen dan konsumsi yang terdaftar di BEI dengan jumlah sampel sebanyak 79 perusahaan. Data penelitian berupa laporan keuangan yang diterbitkan oleh BEI. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Kata Kunci : Financial Statement Fraud, Fraud Triangel, financial stability, personal financial need, external pressure, financial target, nature of industry, ineffective monitoring, change in auditor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:36
Last Modified: 18 Oct 2023 02:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item