ANALISIS PERAWATAN MESIN BLOW FILM HD14 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) II (Studi Kasus CV. Panca Gemilang)

IBAD, HILMI ZAINUL (2023) ANALISIS PERAWATAN MESIN BLOW FILM HD14 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) II (Studi Kasus CV. Panca Gemilang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601291_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601291_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)

Abstract

CV. Panca Gemilang menggunakan sistem produksi Make to order dan juga Make to stock, yang berarti aktivitas proses produksi pada perusahaan ini berlangsung terusmenerus. Karena produksi yang dilakukan terus menerus menyebabkan mesin-mesin bekerja tanpa henti yang mengakibatkan penurunan produktivitas mesin di CV. Panca Gemilang, pada line produksi kantong plastik jenis HD terdapat 24 mesin Blow film dengan berbagai kode mesin, Fokus penelitian ini pada mesin mesin blow film HD14 karena mesin memiliki angka downtime paling tinggi yaitu 6,2% dan merupakan mesin yang kritis dalam proses produksi yang akan mempengaruhi produktivitas secara keseluruhan. Berdasarkan Analisa Reliability Centered Maintenance II ialah metode yang dapat mengevaluasi tindakan perawatan tiap komponen. Pada tahap FMEA dapat diperoleh nilai RPN tertinggi dan tindakan perawatan yang tepat sesuai akar penyebabnya dalam bentuk RCM II Decision Worksheet. Dari hasil penelitian didapatkan 4 RPN tertinggi yaitu Gearbox = 120, Barrel screw = 105, motor roller karet dan besi = 84, dan roll hasil = 72. Mesin blow film HD14 dengan 4 komponen yang memiliki nilai RPN tertinggi, selanjutnya dilakukan logic tree analysis (LTA) untuk menetukan jenis perawatan yang layak, optimal dan cocok dalam menangani masing-masing failure mode. Kemudian dilakukan analisa menggunakan fishbone diagram untuk mengetahui akar penyebab kegagalan yang belum diketahui dalam tahapan LTA yang anatar lain udara dalam ruang panas, getaran, retak, kering atau kurang pelumas overhead, sehingga didapatkan solusi sesuai akar penyebabnya dan yang terakhir didapatkan task selection sebagai usulan tindakan dalam bentuk RCM II decesion worksheet. Kata Kunci : Analisis Perawatan, Reliability Centered Maintenance (RCM) II, Mesin Blow film HD14

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:38
Last Modified: 16 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31723

Actions (login required)

View Item View Item