IDENTIFIKASI KELAINAN CURRENT TRANSFORMER (CT) TEGANGAN RENDAH PADA PELANGGAN DENGAN SISTEM KOMUNIKASI AUTOMATIC METER READING (AMR)

PUSPITA, NINDYA (2023) IDENTIFIKASI KELAINAN CURRENT TRANSFORMER (CT) TEGANGAN RENDAH PADA PELANGGAN DENGAN SISTEM KOMUNIKASI AUTOMATIC METER READING (AMR). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Elektro_30602000062_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Elektro_30602000062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Perkembangan teknologi diiringi dengan pertumbuhan konsumsi energi listrik. Hal tersebut juga mempengaruhi susut baik teknis maupun non teknis. Susut teknis dipengaruhi oleh faktor jaringan sedangkan susut non teknis dipengaruhi oleh baca meter, penggunaan listrik illegal dan juga faktor kelainan alat ukur salah satunya adalah anomali pada Current Transformer (CT). Untuk memonitor kelainan tersebut, PLN memanfaatkan AMR sebagai fungsi monitoring dan billing. Kelainan CT mempengaruhi kelas ketelitian yang mempengaruhi pengukuran sehingga menimbulkan error pengukuran. Data pelanggan yang mengalami kelainan diperoleh dari aplikasi SIGAP, selanjutnya dilakukan analisa di sistem AMR dan dilakukan pengecekan di lokasi pelanggan untuk memeriksa kelainan pengukuran yang ada. Untuk mengidentifikasi kelainan CT dilakukan pengujian menggunakan alat uji injeksi arus. Pengujian dilakukan dengan berbagai keadaan untuk mengidentifikasi pengaruh kelainan CT. CT yang rusak kumparannya, tidak dapat dilakukan pengujian karena tidak bisa dilewati oleh arus injeksi. CT anomali menyebabkan kelainan pengukuran sehingga menimbulkan tagihan susulan. Tagihan susulan dihitung berdasarkan load profile pemakaian energi listrik di pelanggan yang telah tersimpan di sistem AMR. Kelainan CT dapat mempengaruhi error pengukuran energi listrik. Kata kunci : losses, CT, AMR, tagihan susulan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:39
Last Modified: 12 Oct 2023 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31651

Actions (login required)

View Item View Item