PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA AGRO KOPYOR KENANTI KABUPATEN PATI

MILLAH, MUHAMMAD ZAINUL (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA AGRO KOPYOR KENANTI KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900062_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Electronic Word Of Mouth merupakan bagian penting dari strategi pemasaran karena rekomendasi dari pelanggan lain biasanya dianggap lebih dipercaya ketimbang kegiatan promosi dari perusahaan. Sedangkan fasilitas adalah salah satu elemen penting dalam sebuah kawasan wisata. Pemanfaatan strategi ini dirasa ampuh bagi sang owner tempat wisata untuk menarik perhatian wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Electronic Word Of Mouth dan fasilitas terhadap minat berkunjung kembali pada Agro Kopyor Kenanti. Dimana dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme yang dikontruksi dengan teori Uses and Effect dan Behaviorisme. Penelitian dilakukan menggunakan data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi kepustakaan. Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan teknik purposive sampling melalui kuesioner 100 responden pengunjung Agro Kopyor Kenanti yang didapatkan dari populasi yang berjumlah 697.081 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dan hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F. Serta Uji asumsi klasik berupa Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastisitas. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Ewom dan Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali dengan Sig < 5% serta koefisensi determinasi sebesar 71,4%. Teori uses and effect memiliki keterkaitan dengan hasil penelitian ini. Dimana informasi ewom pada sosial media membuat audiens menjadi menyukai, memiliki persepsi yang positif terhadap Agro Kopyor Kenanti, dan pada akhirnya dapat menciptakan perasaan tertentu yang berujung pada efek perubahan sikap yaitu minat mengunjungi Agro Kopyor Kenanti. Teori behaviorisme berkaitan dengan hasil penelitian ini. Dimana teori ini adanya hubungan sebab akibat, pengalaman audiens secara langsung setelah datang ke lokasi memunculkan sebuah persepsi terkait fasilitas yang tersedia. Responden menyatakan fasilitas yang tersedia sudah baik, dilihat dari rata-rata persentase yang baik pada setiap pernyataan. Adapun keterbatasan pada penelitian ini dimana dalam proses pengambilan data melalui penyebaran kuesioner terkadang responden tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan pendapat sebenarnya. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan pemahaman responden dan mungkin juga faktor lainnya seperti kejujuran responden dalam mengisi kuesioner yang dibagikan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu agar bisa menambahkan variabel variabel lainnya sehingga dapat mengahasilkan pembaharuan dalam kasus penelitian sejenis. Kata Kunci: Ewom, Fasilitas, Minat Berkunjung Kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:20
Last Modified: 12 Oct 2023 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31600

Actions (login required)

View Item View Item