Putriningrum, Lia Kismi (2015) THE USE OF PICTURES SERIES AS A MEDIUM TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL OF NARRATIVE TEXT (A Case of the Eighth Grade Students of SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (980kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah tentang penggunaan pictures series dalam mengajar writing dalam bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Pictures Series untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks narrative siswa kelas VIII atau tidak. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimental, karena penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Pictures series dalam pembelajaran menulis teks narrative pada siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 04 Semarang tahun akademik 2014/ 2015 yang berada di Jln. Raya Kaligawe KM. 4 Semarang. Desain penelitian ini adalah penelitian experimental. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group dari penelitian kuasi eksperimental. Ada tiga langkah dalam melakukan penelitian ini; pre test, treatment, and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah sebanyak 120 siswa. Dua kelas digunakan sebagai sampel yaitu kelas VIII A4 sebagai kelas experimental dan VIII A2 sebagai kelas control group. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan test yaitu Pre-test dan Post-test. kemudian, hasil data keduanya akan dinilai dan penulis menggunakan SPSS for Windows version 16.0 untuk menganalisa hasil dari Pre-test dan Post- test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan siswa dalam menulis teks narrative. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir kelompok eksperimen dan kelompok control. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 66,48, sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok control adalah 56,38. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan.Di dukung oleh hasil analisis t-test antara pre-test dan postest dikelas percobaan bahwa sig(2-tailed)0,00 untuk signifikansi 0,05, 0,00 <0,05. Karena nilai t-test lebih tinggi dari t-table, berarti H 1 diterima sedangkan H ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pictures Series ini efektif dan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks narrative. Kata Kunci: Pictures series, teks narrative, pengajaran menulis. 0
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 06:06 |
Last Modified: | 16 Feb 2016 06:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
View Item |