PENGELOMPOKAN GROUP DISKUSI SECARA HETROGEN MENGGUNAKAN K – MEDIANS KLUSTERING DAN DISTRIBUSI MERATA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN DI SMK

Feriawan, Feriawan (2023) PENGELOMPOKAN GROUP DISKUSI SECARA HETROGEN MENGGUNAKAN K – MEDIANS KLUSTERING DAN DISTRIBUSI MERATA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN DI SMK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Elektro_20601900008_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Teknik Elektro_20601900008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Dalam memajukan kualitas pendidikan, baik dalam konteks sumber daya siswa atau sistem pembelajaran, setiap SMK memiliki cara pengelolaan tersendiri. Pemberdayaan sistem pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam hal memajukan kualitas SMK tersebut. Apabila sistem pembelajaran yang dimiliki oleh SMK tersebut mampu memberikan kontribusi besar terhadap aktivitas belajar siswanya maka sumber daya siswa yang dimiliki oleh SMK tersebut juga akan memiliki potensi dan prestasi yang baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan membuat pengelompokan grup diskusi berdasarkan indikator komunikasi dan humoris untuk peningakatan belajar dalam pengetahuan dan keterampilan secara hetrogen dengan menggunakan analisa k-medians clustering di SMK Sore Tulungagung. Nilai komunikasi dan humoris untuk peningakatan belajar dalam pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran Simulasi Digital siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor yang dijadikan dasar nilai. Siswa kelas X kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok berbasis k-medians dan kelompok berbasis random yang selanjutnya dilakukan penelitian untuk mendapatkan nilai rata-rata k medians komunikasi dan humoris dalam peningkatan belajar pada pengetahuan dan keterampilan sebelum pembelajaran dan setelah hasil evaluasi grup diskusi. Nilai peningkatan kelas berbasis k-medians sebesar 4,980 dari rata-rata sebelum pembelajaran sebesar 82,542 menjadi 87,521 setelah evaluasi, sedangkan kelas berbasis random hanya mengalami peningkatan nilai sebesar 0,125 dari rata-rata sebelum pembelajaran sebesar 81,250 menjadi 81,375 setelah dilakukan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil pengelompokan grup diskusi secara hetrogen pada indikator komunikasi dan humoris untuk menigkatakan pengetahuan dan keterampilan yang dikelompokan menggunakan metode k-median clustering lebih terlihat peningkatannya. Kata Kunci : Grup diskusi, hetrogen ,komunikasi,humoris, k-medians clustering

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Pascasarjana > Magister Teknik elektro
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:19
Last Modified: 17 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29707

Actions (login required)

View Item View Item