HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA

Febri Mustika, Riski (2022) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30701800113_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30701800113_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 110 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang sebagai subjek penelitian. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert yang terdiri dari skala citra merek dan skala perilaku konsumtif. Skala citra merek terdiri dari 26 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,909 sementara skala perilaku konsumtif terdiri dari 10 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,776. Hasil uji korelasi pearson antara citra merek dengan perilaku konsumtif diperoleh skor rxy= 0,578 dengan p= 0,000 (p<0,01), yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara citra merek dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa maka hipotesis pada penelitian dapat diterima dimana semakin tinggi citra merek maka semakin tinggi perilaku konsumtif dan begitupun sebaliknya. Sumbangan efektif variabel citra merek terhadap perilaku konsumtif sebesar 33,4%. Kata kunci: Citra merek, perilaku konsumtif, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:55
Last Modified: 13 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29567

Actions (login required)

View Item View Item