HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SELEBGRAM ENDORSEMENT DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK KOSMETIK

Sri Lestari, Dwi (2022) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SELEBGRAM ENDORSEMENT DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK KOSMETIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Psikologi_30701800038_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi_30701800038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap selebgram endorsement dengan perilaku konsumtif pada produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswi program studi Manajemen dan program studi Kesehatan Masyarakat yang berjumlah 1.494 mahasiswa dan terpilih sampel sejumlah 318 mahasiwa yang diperoleh melalui simple random sampling. Pengambilan data menggunakan 2 skala yaitu skala perilaku konsumtif yang terdiri dari 36 aitem dengan reliabilitas α sebesar 0,921 dan skala persepsi yang terdiri dari 34 aitem dengan reliabilitas α sebesar 0,934. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi pada selebgram endorsement terhadap perilaku konsumtif diperoleh hasil koefisien rxy = 0,441 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara perilaku konsumtif dengan persepsi terhadap selebgram endorsement, yang berarti bahwa persepsi terhadap selebgram endorsement memiliki pengaruh pada perilaku konsumtif mahasiswa, maka hipotesis pada penelitian ini dapat dikatakan diterima. Sumbangan efektif variabel persepsi pada selebgram endorsement terhadap perilaku konsumtif mahasiswi pada produk kosmetik sebesar 19,4%, sedangkan 80,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Persepsi Terhadap Selebgram Endorsement, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:27
Last Modified: 12 Jul 2023 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item View Item