HUBUNGAN TINGKAT PELAYANAN DAN PENYEDIAAN FASILITAS TELEPON DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. TELKOM (PERSERO) DI KOTA SEMARANG

NUROKHMAN, NUROKHMAN (2003) HUBUNGAN TINGKAT PELAYANAN DAN PENYEDIAAN FASILITAS TELEPON DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. TELKOM (PERSERO) DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04986437-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kebutuhan akan komunikasi bagi masyarakat pada masa sekarang ini sangat besar sekali. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan segala fasilitas komunikasi yang tersedia seperti telepon, telegram, faksimile dan lain-lain. Dismping itu juga semakin banyaknya usaha-usaha bidang telekomunikasi yangdidirikan oleh pihak swasta, yang tentunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang telekomunikasi. PT. Telkom sebagai pperusahaan negara yang bergerak di bidang telekomunikasi akan memiliki pesaing yang dapat menggeser posisi pasarnya dalam bidang telekomunikasi diIndonesia. Persaingan dalam pemberian fasilitas dan layanan akan menjadi penentu dunia persaingan bisnis telekomunikasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Beberapa teori telah mendukung adanya hubungan faktor-faktor tersebut terhadap kepuasan konsumen. Dihipotesiskan bahwa pelayanan dan fasilitas memiliki hubungan positif dengan kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan telepon PT Telkom yang diambil secara accidenlal sampling sebanyak 100 orang di wilayah Kota Semarang. Instrumen berupa kuesioner diberikan kepada responden untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap faktor pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh PT Telkom. Kuesioner Angket juga berisi kuesioner yang meminta pendapat responden akan kepuasan mereka terhadap PT ' Telkom. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan untuk menguji kelayakan penggunaan instrumen kuesioner. Analisis dengan menggunakan korelasi rank Speannan dan Korkodansi Kendall W digunakan untuk menguji bubungan faktor pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen seperti yang dihipotesiskan. Hasil analisis korelasi rank Speannan menunjukkan bahwa pelayanan memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kepuasan konsumen, (p = 0,370, p = 0,000 < 0,05). Variabel fasilitas juga menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan kepuasan konsumen (p = 0,505, p = 0,001 < 0,05). Secara bersama-sama dengan ujin Konkordansi Kendall variabel pelayanan dan fasilitas juga menunjukkan pengaruh hubungan positif yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (' = 185,490; p < 0,05). Key words : Pelayanan, fasilitas, kepuasan konsumen, PT. Telkom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:55
Last Modified: 26 Jun 2023 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29259

Actions (login required)

View Item View Item