ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI PEMASARAN PASAR SWALAYAN TERHADAP POLA PERILAKU PEMBELIAN

CHILMI, ARIF NUR (2001) ANALISIS SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI PEMASARAN PASAR SWALAYAN TERHADAP POLA PERILAKU PEMBELIAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04955106-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ketertarikan konsumen berbelanja dipasar swalayan sebagai akibat adanya mutu barang yang terjamin dan ada kepastian harga, menghemat waktu, dapat memakai kartu kredit, keamanan berbelanja lebih terjamin, penataan barang Iebih menarik, serta dapat melakukan kegiatan berbelanja setiap waktu bahwa di malam hari sekalipun. Akhir-akhir ini bertambah ramainya kegiatan pada pasar swalayan karena adanya arena bermain anak-anak dan restoran yang memungkinkan bagi pengunjung untuk berekreasi sekatigus berbelanja. Di sisi lain merupakan sebagai perubahan gaya hidup masyarakat kota, sehingga tidak mengherankan bila perkembangan pasar swalayan yang pesat akan meraup omzet yang cukup besar dari usaha perdagangan eceran di Indonesia. Atas dasar keterangan tersebut maka menarik dilakukan suatu penelitian mengenai bagaimana swalayan SDR menyiasati sikap konsumen terhadap pola perilaku pembelian melalui strategi pemasaran dengan judul : ANALISIS SIKAP KONSUMEN MEN GEN AI STRA TEGI PEMASARAN P ASAR SW ALA YAN SDR TERHADAP POLA PERILAKU PEMBELIAN. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan pada masalah sebagai berikut : I) bagaimana sikap konsumen mengenai strategi pemasaran pasar swalayan terhadap pola perilaku pembelian di pasar swalayan SDR 2) Faktor apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi pola perilaku pembelian di pasar swalayan SOR. Mengingat terlalu luasnya faktor-faktor yang mempengaruhi pola perilaku pembelian di pasar swalayan SDR maka masalah dibatasi pada : sikap konsumen mengenai pemasaran pasar melalui kebijakan lokasi, kualitas keragaman barang, harga, promosi, pelayanan dan pengaturan ruangan serta pola perilaku pembelian konsumen yang dibatasi pada keinginan konsumen untuk berbelanja kembali, keinginan menyebarkan informasi, keinginan konsumen untuk mengajak orang lain berbelanja dan pencetusan rasa ketidak-puasan pasca pembelian. Populasi yang digunakan adalah seluruh wanita yang bennukim di kota Jepara dengan sampel sebanyak I 00 yang diambil dengan teknik accydental sampling yaitu pengambilan sampel yang tidak mempertimbangkan siapa yang akan dijadikan sebagai subyek atau responden dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan alat analisis regresi berganda, forward method dan koefisien determinasi yang dibantu dengan program SPSS dalam proses penghitungannya diperoleh hasil-hasil sebagai berikut : 1. Lokasi berpengaruh terhadap pola perilaku pembelian dimana nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,001 > 1,98. 2. Kualitas dan keragaman barang dagangan berpengaruh terhadap pola perilaku pembelian dimana nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,505 > 1.98. 3. Harga berpengaruh terhadap pola perilaku pembelian dimana nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 3,731 > 1,98. 4. Promosi berpengaruh terhadap pola perilaku pembelian dimana nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,862 > 1,98. 5. Pelayanan berpengaruh terhadap pola perilaku pembelian dimana nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,493 > 1,98. 6. Pengaturan ruangan berpengaruh terhadap pola perilaku pembelian dimana nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,007 > 1,98. 7. Lokasi, kualitas dan keragaman barang dagangan, harga, promosi, pelayanan dan pengaturan ruangan scara bersama-sama berpengaruh terhadap pola perilaku volume penjualan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hi tung sebesar 14,795 pada taraf signifikasi 95 % dengan F tabel sebesar 2, 18 sehingga nilai F hitung = 14,795 > dari F tabel =2,18. 8. Faktor paling dominan yang mempengaruhi pola perilaku pembelian adalah promosi, yang dibuktikan dengan perolehan R parsial sebesar 0,505 atau 50,5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:06
Last Modified: 19 Jun 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29148

Actions (login required)

View Item View Item