ANALISIS PENGARUH IHARGA, LOKASI, FASILITAS DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAIH PADA PURI AYODYA DI SEMARANG

DEWY, GILANG PAMEKAR (2003) ANALISIS PENGARUH IHARGA, LOKASI, FASILITAS DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAIH PADA PURI AYODYA DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04996787-FEm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya bisnis perumahan teratama di Kotamadya Semarang ini akan membuat banyak pilihan bagi calon konsumen di dalam menentukan keputusan pembelian rumah yang dikehendaki. Eanyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumen di dalam menentuken pernbelian rumah diantaranya tingkat penghasilan, kesepakatan harga, kesepakatan keluarga, lokasi perumahan, harga rumah, tata letak rumah, lingkungan masyarakat dan prestise. Dengan melihat uraian di atas maka peneliti mencoba memilih "Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Fasilitas dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah " Pada Puri Ayodya di Semarang" sebagai judul penelitian ini. Tujuan Penelitian dalam kaitannya dengan penulisan Skripsi ini aalah : Untuk mengetahui pengaruh harga (X) terhadap keputusan r sebagai berikut pembelian rumah (Y) di Perumahan Puri Ayodya Semarang, untuk mengetahui pengaruh lokasi (X») terhadap keputusan pembelian rumah (Y) di Perumahan Puri Ayodya Semarang (Y)}, untuk mengetahui pengaruh fasilitas () terhadap keputusan pembelian rumah (Y) di Perumahan Puri Ayodya Semarang, untuk mengetahui pengaruh kualitas (X) terhadap keputusan pembelian rumah (Y) di Perumahan Puri Ayodya Semarang. Dalam penelitian ini, penulis mengambil sampel dengan teknik stratified random sampling. Dalam ha! ini populasi penelitian dibagi dalam beberapa kelompok atau strata emudian diambil sampelnya untuk masing-masing strata. Dalam penelitian ·ni strata yang dipakai yaitu memakai tipe rumah responden. Pada type 125 respondcn yang dipakai sebanyak 30 orang, pad type 155 responden yang dipakai sebanyak 60 orang, an pada type 175 responden yang dipakai sebanyak 30 orang. Dari responden yang diberi kuesioner peneliti berhasil menarik kuesioner sebanyak 100 responden. Responden yang menjawab daftar kuesioner sebagian besar adalah laki­ laki, dengan pendapatan di atas Rp. 2.000.000, memiliki pekerjaan wiraswasta, dan menempati rumah bertipe 155. Pada uji validitas ha»ga, lokasi, fasilitas, dan kualitas beserta indikatornya diperoleh nilai r hitung > r tabel (0,1986) yang berarti semua indikator terscbut valid. Pada uji reliabilitas yang didapat dari variabel harga, lokas1, fasilitas, dan kualitas dinyatakan reliabel karena nilai Alpha Spearman Brown > 0,60. Berdasarkan perhitungan regresi berganda diperoleh persamaan garis regresi Y=0,715 + 0,312 X + 0,271 X + 0,220 X + 0,208 X Nilai uji t hitung variabel harga (X) sebesar 2,947 > t-tabel 1,661; nilai uji t hitung variabel lokasi (X)\ sebesar 2,589 > t-tabel 1,661, fasilitas (X3) sebesar 2,206 > t-tabel 1,661 dan kualitas (X) sebesar 2,225 > ttabel 1,661. Dari keempat variabel tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel berada pada daerah Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan keempat variabel rcmiliki pengaruh yang positif dan sigrifikan secara parsial terhedap kepucsan membeli (Y). Pada perhitungan uji F (simultan/bersama) nilai F hitung sebesar 74,755 > F tabel (2,7), maka terdapat pada daerah Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X), lokasi (X»), fasiritas (X,) dan kualitas (X¢) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli (Y). · · Berdasarkan nasil pe:hitungan koefisien determinasi (R) sebesar 0,759. Hal ini berarti bahwa variabel harga (X), lokasi (X), fasilitas (X) dan kualitas (X) berpengaruh sebesar 75,90% terhadap keputusan membeli (Y). Sedangkan sisanya yaitu sebesar 24,10 % dipengaruhi oleh faktor (variabel) lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun saran-saran yang dapat diajukan di dalam penelitiaa ini adalah sebagai berikut : Harga perumahan sebagai faktor penting dalan keputusan membeli seorang konsnmen, hendaknya diperhatikan oleh konsultaa (developer), keputusan pembelian suatu perumahan juga dapat dipertimbangka developer, faktor fasilitas yang dimiliki perumahan harus sesuai dengan hal-bal yang telah dicantumkan dalam promosi (penycbaran leaflet/brosur), sehirgga dapat menimbulkan dampak baik bagi pihak developer dengan pemccli zumah. Faktor lain yang juga tidak kalah penting yaitu kualitas, sebab kualitas yang baik akan, semakin meningkatkan kepecayaan konsumen kepeda pihak developer, sehingga akan meningkatkan penjuala perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:11
Last Modified: 19 Jun 2023 02:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29113

Actions (login required)

View Item View Item