PENGARUH KUALITAS PELAYANAN APOTEK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN - (Studi Observasi pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Firman, Vera A. (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN APOTEK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN - (Studi Observasi pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Target pemasukan resep ke apotek RSI Sultan Agung Semarang dari unit rawat jalan belum sesuai yang ditargetkan, terdapat kemungkinan ketidaksesuaian target tersebut akibat ketidakpuasan pasien terhadap layanan apotek. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan apotek terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan RSI Sultan Agung Semarang. Penelitian berjenis analitik observasional menggunakan rancangan cross sectional yang dilakukan pada 100 orang pasien rawat jalan, berusia > 17 tahun, dapat berkomunikasi dengan baik, bisa baca tulis, bersedia menjadi responden, dan bukan peserta asuransi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengaruh kualitas pelayanan apotek terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan dianalisis dengan uji Chi Square. Proporsi pasien rawat jalan di RSI Sultan Agung Semarang yang memberikan persepsi baik terhadap kualitas pelayanan apotek dan merasa puas adalah yang terbanyak yaitu 54,0%, responden dengan persepsi kualitas pelayanan cukup dan puas sebanyak 30,0%, responden dengan persepsi kualitas pelayanan kurang namun merasa cukup puas sebanyak 8,0%, responden dengan persepsi kualitas pelayanan cukup baik dan cukup puas sebanyak 6,0%, sedangkan responden dengan persepsi kualitas pelayanan kurang namun merasa puas sebanyak 2,0%. Hasil chi square diperoleh p=0,000 menunjukkan terdapat perbedaan proporsi tingkat kepuasan pasien berdasarkan kualitas pelayanan apotek, Kesimpulan: terdapat pengaruh kualitas pelayanan apotek terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan RSI Sultan Agung Semarang. Kata kunci: Kualitas Pelayanan Apotek, Kepuasan Pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 05:58
Last Modified: 16 Feb 2016 05:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item