Rukmana, Rukmana (2023) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SDN 01 SUMUBLOR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900075_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900075_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada pengaruh intensitas penggunaa aplikasi Tiktok terhadap kemampuan belajar siswa sekolah. Pengguna Tik Tok yang banyak, persepsi yang baik akan muncul karena manfaat yang dibagikan aplikasi tersebut. Namun disisi lain penyebaran video dengan kurangnya keamanan membuat aplikasi memiliki persepsi buruk bagi sebagian pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh intensitas penggunaan aplikasi Tik Tok pada kemampuan belajar siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan desain penelitian menggunakan desain penelitian survey. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 01 Sumublor. Teknik analisis data menggunakan analisis uji validitas dan reliabilitas instrument, uji normalitas data, analisis deskriptif, serta uji T (uji hipotesis). Pengelolaan data dalam penelitian ini sebagian menggunakan Miscrosoft Excel dan SPSS. Hasil peneitian angket yang telah diisi oleh para responden atau siswa kelas IV SD N 01 Sumublor menyatakan bahwa penggunaan aplikasi Tiktok berpengaruh terhadap kemampuan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis (uji t) dengan perolehan nilai t hitung > t tabel yaitu 4,949> t table 2,049. Artinya, hipotesis pada penelitian diterima. Kata kunci: intensitas, Tiktok, belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 May 2023 02:49 |
Last Modified: | 31 May 2023 02:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28728 |
Actions (login required)
View Item |