ANALISIS KINERJA DAN PENGARUH PRASARANA FISIK TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAM DALAM PENGELOLAAN IRIGASI BERBASIS INDEKS KINERJA SISTEM IRIGASI (IKSI) (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI SUNGAPAN KABUPATEN PEMALANG)

SOESANTO, MUHAMAD HENDRIE (2023) ANALISIS KINERJA DAN PENGARUH PRASARANA FISIK TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAM DALAM PENGELOLAAN IRIGASI BERBASIS INDEKS KINERJA SISTEM IRIGASI (IKSI) (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI SUNGAPAN KABUPATEN PEMALANG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20201800009_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

Indeks Kinerja Sistem Irigasi (IKSI) merupakan salah satu cara untuk dapat menggambarkan suatu keadaan dan karakteristik pada suatu sistem irigasi sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pemanfaatan saluran irigasi. Kinerja Prasarana Fisik dengan bobot penilaian paling besar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Produktivitas Tanam pada Daerah Irigasi. Keberhasilan Daerah Irigasi dalam peningkatan produksi tanaman padi ditunjang dari kondisi prasarana fisik yang baik, meliputi kondisi bangunan utama, saluran pembawa dan bangunan pada saluran pembawa. Penilaian kinerja Prasarana Fisik dan Produktivitas Tanam pada Daerah Irigasi Sungapan Kabupaten Pemalang dilakukan untuk mengetahui kinerja dan pengaruh / hubungan antara Prasarana Fisik terhadap Produktivitas Tanam melalui pengumpulan dan analisa data penilaian kinerja tahun 2012 sampai dengan 2022. Pengaruh/ hubungan antara Kinerja Fisik dan Produktivitas Tanam diperoleh melalui analisa regresi linear berganda dengan melakukan Uji Simultan (Uji F) dan Parsial (Uji t) . Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa kinerja Prasarana Fisik pada tahun 2012 - 2022 adalah sebesar 38,42 % dengan kecenderungan mengalami peningkatan sebesar 3,22 % dan penilaian kinerja Produktivitas Tanam sebesar 14,96 % dengan kecenderungan mengalami peningkatan sebesar 2,99 %. Berdasarkan Uji F diketahui bahwa komponen Prasarana Fisik secara simultan berpengaruh terhadap Produktivitas Tanam. Sedangkan berdasarkan Uji t disimpulkan Komponen Prasarana Fisik secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap Produktivitas Tanam. Kata Kunci : IKSI, Prasarana Fisik, Produktivitas Tanam, Uji F, Uji t

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:29
Last Modified: 29 May 2023 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item View Item