Antika, Lilik (2023) ANALISIS KEBIASAAN MENDONGENG GURU DI KELAS V SD ISLAM NUSANTARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900051_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900051_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Analisis Kebiasaan Mendongeng Guru di Kelas V SD Islam Nusantara, penelitian ini lebih difokuskan pada analisis kebiasaan mendongeng guru di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebiasaan mendongeng guru di kelas V SD Islam Nusantara. Variabel penelitian ini adalah kebiasaan mendongeng guru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa, wawancara guru, dan wawancara siswa. Kebiasaan mendongeng guru dilakukan saat break pembelajaran di kelas sekitar 5-10 menit, guru menyiapkan buku dongeng sebelum pembelajaran kemudian membacakan dongeng di depan kelas. Jenis dongeng yang dibacakan oleh guru biasanya jenis fabel, mitos, dan legenda. Evaluasi yang dilakukan guru yaitu mengenai amanat yang bisa diambil dari dongeng yang sudah dibacakan. Siswa begitu antuasias saat guru mulai mendongeng, hal ini mampu meminimalisir kondisi kelas yang kurang kondusif dan siswa mampu mengikuti pembelajaran kembali. Kata Kunci: Kebiasaan, Mendongeng
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:07 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28692 |
Actions (login required)
View Item |