KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI SD ISLAM AL-FATTAH

Izzati, Evi Nur (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI SD ISLAM AL-FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900029_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Dalam mengembangkan dan meningkatkan pendidikan saat ini perlunya adanya inovasi pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran pada proses belajar. Salah satu contoh model pembelajaran yaitu model pembelajaran scramble, siswa akan merasa tertarik dan semangat dikarenakan pembelajaran yang dilakukan dengan cara bermain dan berfikir. Adapun diadakan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran scramble menggunakan media benda konkret efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang siswa SD Islam Al-Fattah. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Sedangkan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, sedangkan dalam analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjujakan tidak adanya keefektifan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal tersebut ditujukan diujikan dan dianalisis menggunakan uji independent t test menunjukan bahwa nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,906 > 0,05 maka disimpulkan tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa atau dapat dikatakan model pembelajaran scramble menggunakan media benda konkret pada materi jaring-jaring bangun ruang tidak efektif diterapkan di SD Islam Al-Fattah. Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Scramble, Jaring-jaring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:59
Last Modified: 29 May 2023 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28675

Actions (login required)

View Item View Item