Ari Yani, Dyah (2023) IMPLEMENTASI MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900024_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900024_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada penggunaan media index card match terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPA. Keterbatasan media dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan media index card match yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model preexperimental design ranah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Karangsari TA 2022/2023. Variabel penelitian meliputi media index card match dan hasil belajar kognitif. Melalui analisis validitas soal pretest dan posttest didapat 12 dan 15 soal yang valid dengan reliabilitas 0,828 dan 0,747, sehingga soal-soal layak untuk diujikan. Berdasarkan uji hipotesis didapat adjusted r square sebanyak 68,8% dengan std error of the estimate 6,12. Dari uji t didapat sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan N-Gain score 59,6% sehingga dinyatakan cukup efektif dalam kategori sedang. Kata Kunci : index card match, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:03 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:03 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28656 |
Actions (login required)
View Item |