Puspa Candra, Dita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN REJOSARI 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900022_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900022_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya model pembelajaran yang bervariasi menyebabkan pembelajaran tidak tersampaikan secara efektif yang berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi bangun datar siswa kelas V SDN Rejosari 1. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes yang diberikan kepada 25 sampel. Hasil uji validitas isi instrument menunjukkan bahwa instrument layak digunakan. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung 0,133 < Ltabel 0,173. Hasil uji paired sample t test yaitu Thitung 11,92 > Ttabel 2,06 sehingga Ho diterima yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara pretest dan posttest. Hasil uji gain ternormalisasi secara klasikal menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan kategori sedang dengan nilai 0,64. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: matematika realistik, berpikir kritis, bangun datar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:01 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28654 |
Actions (login required)
View Item |