ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN KOTA SEMARANG

Wahyu Prayoga, Irvan (2023) ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800037_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800037_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Temuan peneliti pada Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin Kota Semarang bahwa guru kelas V pernah menerapkan model pembelajaran ini, namun guru merasa belum maksimal dalam menerapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran PBL dengan pendidikan berbasis nilai pada pembelajaran IPS dan mengetahui penerepan model Problem Based Learning terhadap pendidikan berbasis nilai peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan membercheck. Triangulasi teknik yaitu metode pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Membercheck dengan cara menyertakan tanda tangan pemberi informan. Berdasarkan hasil penelitian penerapaan Problem Based Learning dengan pembelajaran IPS terhadap pendidikan nilai pada peserta didik dapat ditarik kesimpulan: 1) Proses penerapan pembelajaran Problem Based Learning dengan pendidikan nilai pada pembelajaran IPS meliputi: pemberian materi, pembentukan kelompok, diskusi permasalahan, penyelesaian masalah pemberian penghargaan, evaluasi. 2) Peserta didik mempunyai serta menerapkan indikator kerja sama selama kegiatan berlangsung yaitu: aktivitas bertanya, mengikuti pembelajaran dengan baik, saling membantu, aktivitas berdiskusi, mengusulkan pendapat, bertanggung jawab, mengatur anggota kelompok, menerangkan, ikut serta memecahkan masalah, dan mendorong peserta didik lain untuk ikut berpartisipasi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendidikan Berbasis Nilai, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 May 2023 01:55
Last Modified: 23 May 2023 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28562

Actions (login required)

View Item View Item