STRATEGI PROMOSI BROSUR PADA PRODUK HANDPHONE DI KONTER SINAR CELL DAN SMS SELLULER TLOGOSARI SEMARANG

Hita Wilasari, Anggun (2023) STRATEGI PROMOSI BROSUR PADA PRODUK HANDPHONE DI KONTER SINAR CELL DAN SMS SELLULER TLOGOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800019_fullpdf.pdf

Download (40MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Konter-konter di wilayah Tlogosari Semarang banyak yang menggunakan strategi promosi brosur dalam rangka memasarkan produk handphone nya. Meski jaman kian berkembang dimana teknologi semakin maju, nyatanya penggunaan media cetak berupa brosur masih marak dipergunakan sebagai strategi promosi bagi perusahaan dalam memasarkan produknya. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi brosur pada produk handphone di Konter Sinar Cell dan SMS Selluler Tlogosari serta kelebihan dan kekurangan penerapan strategi promosi brosur pada produk handphone di Konter Sinar Cell dan SMS Selluler Tlogosari. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi, AIDA, dan pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah strategi promosi brosur, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah responden penelitian yang merupakan pemilik konter handphone Sinar Cell dan SMS Selluler Tlogosari. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer wawancara dan data sekunder stud pustaka, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi komunikasi Konter di Wilayah Tlogosari Semarang khsusunya pada Toko Sinar Cell Tlogosari dan Konter SMS Selluler Tlogosari, melalui penyebaran brosur yang dilakukan oleh para karyawannya agar mendapatkan perhatian sehingga meningkatkan konsumen dalam pembelian handphone. Dengan melakukan penyebaran brosur di pinggir jalan depan toko atau di dekat lampu merah, terkadang konter hp juga memasang banner di depan toko atau dekat lampu merah. Selain itu, pada Konter SMS Selluler Tlogosari strategi dalam pembagian brosur dilakukan dengan cara perorangan biasanya dilakukan di pasar, rumah warga dan pabrik di area semarang karena mereka merasa system door to door lebih efektif dalam berpromosi. Dalam brosur tersebut memuat Penawaran menarik yang ditawar berupa promo casback, hadiah yang ditawarkan, penawaran pembayaran kredit tanpa DP dan survey dan lain sebagainya. Kelebihan dalam penerapan strategi pomosi dengan media brosur pada penjualan produk handphone di Konter Wilayah Tlogosari adalah media brosur yang dianggap efektif dalam kegiatan promosi di konter wilayah Tlogosari Semarang karena isi pesan yang di sampaikan dalam brosur dapat di tanyakan langsung. Kekurangan dalam penerapan strategi pomosi dengan media brosur pada penjualan produk handphone di Konter Wilayah Tlogosari adalah masyarakat masih menganggap brosur hanya sebagai sampah kertas, anggara yang dikeluarkan konter dalam mencetak brosur cukup lumayan dibandingkan promosi yang dilakukan di media sosial. Kata Kunei: Strategi, Promosi, Brosur, Konter, Tlogosari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 May 2023 06:33
Last Modified: 05 May 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28292

Actions (login required)

View Item View Item