NILAI - NILAI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN

WAFA, S. ALI (2023) NILAI - NILAI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502000018_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502000018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)

Abstract

Nilai - Nilai Humanistik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Banat Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan. Tesis. Program Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, UNISSULA Semarang 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana pendidikan humanistik dan tujuannya di MTs Banat Tajul Ulum Brabo. 2) Bagaimana implementasi pendidikan humanistik dalam metode pembelajaran akidah akhlak di MTs Banat Tajul Ulum Brabo. 3) Apasaja permasalahan yang dihadapi dalam menerapkan pendidikan humanistik pada metode pembelajaran akidah akhlak di MTs Banat Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan. Jenis penelitian ini penelitian case study dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Jumlah informan penelitian ini 9 informan. Informan tersebut terdidri dari kepala madrasah, waka. kurikulum, waka. kesiswaan, guru akidah akhlak, wali kelas, 2 siswa dan wali murid. Uji keabsahan data menggunakan teknik: uji kredibilitas data, uji transferabilitas data, uji dependabilitas data dan uji konfirmabilitas data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan humanistik merupakan pendidikan dengan pendekatan yang memanusiakan manusia dengancara membantu anak didikuntuk mengembangkan potensinya. Tujuanya untuk mengembangkan potensi anak didik menjadi generasi cerdasa, religius dan berakhlakul karimah. 2) Nilai - nilai humanistik dalam pembelajaran akidah akhlak diketahui menyenangkan siswa. Alasanya karena siswa terlibat secara aktif. Metode yang digunakan dalam pembelajaran akidah akhlak dengan metode ceramah, tanya jawab, karyawisata, demonstrasi, diskusi dan ketauladanan. Metode tersebut didukung oleh 5 hal. Pertama, lingkungan pembelajaran kondusif. Kedua, peran guru sebagai pendidik, motivator pembimbing dan fasilitator. Ketiga, sarana dan fasilitas madrasah. Keempat, tingginya minat siswa. Kelima, penanganan guru bagi siswa bermasalah. Faktor penghambat pembelajaran humanistik ada 3 hal. Pertama, guru tidak memahami konsep pendidikan humanistik. Kedua, kesulitan dalam memahami potensi yang dimiliki oleh siswa karena jumlahnya terlalu banyak. Ketiga, adanya ujian nasional yang menekankan pada konsep kognitif. Adapun evaluasi pembelajaran humanistik menekankan pada 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata kunci : Pendidikan humanistik, metode pembelajaran akidah akhlak dan MTs Banat Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 May 2023 02:59
Last Modified: 11 May 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28258

Actions (login required)

View Item View Item