INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLIM DAN IMPLIKASINYA DI ERA DISRUPSI

Hidayah, Upik Nurul (2022) INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLIM DAN IMPLIKASINYA DI ERA DISRUPSI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000015_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Interaksi guru dan peserta didik adalah hubungan edukatif yang terjadi antara pihak guru dan peserta didik dengan sejumlah norma sebagai medianya untuk mencapai tujuan. Dekadensi moral antara guru dan peserta didik semakin meningkat akhir-akhir ini. Padahal umat Islam memiliki banyak khazanah metode pembelajaran yang ideal diantaranya adalah kitab Ta’līm Al-Muta’allim. Kitab yang bernafas pada religious ethnic ini sangat memiliki peran dalam menuntaskan dekadensi moral antara guru dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana interaksi edukatif antar guru dan peserta didik dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim? dan Bagaimana implikasi interaksi edukatif antar guru dan peserta didik dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim di era disrupsi?. Jenis penelitian yang digunakan kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan metode analisis isi (content analysis), yaitu teknik analisis dengan bebagai sumber informasi yang bekaitan dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi edukatif antara guru dan peserta didik dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim yaitu peran guru menjadi sumber kasih sayang pengganti orang tua di dalam sekolah. Dengan kasih sayang, ilmu akan lebih mudah diterima oleh peserta didik. Serta peran peserta didik menjadi anak yang patuh dan menghormati guru selayaknya anak berbakti dan menghormati orang tua di dalam rumah. Dengan sikap patuh dan menghormati, guru akan ikhlas dalam memberikan ilmu sehingga ilmu menjadi bermanfaat dan mengandung kebarokahan. Kitab Ta’līm al-Muta’allim memberikan informasi tentang interaksi guru dan peserta didik. Bentuk interaksi guru dan peserta didik dalam Kitab Ta’līm al-Muta’allim adalah komunikasi dua arah, yaitu antara guru dan peserta didik sama-sama aktif melakukan perannya masing-masing. Implikasi dari interaksi edukatif antara guru dan peserta didik berdasarkan kitab Ta’līm Al-Muta’allim di era disrupsi terletak pada peran moril dan etik, artinya bahwa era disrupsi yang ditandai dengan kemajuan teknologi informatika dimana semua informasi diseluruh dunia ada dalam genggaman, namun disisi lain ada kekosongan yang membutuhkan isi disana. Kekosongan yang dimaksud adalah ruh spiritual dan norma atas kemajuan teknologi tersebut. Sehingga esensi pengajaran kitab Ta’līm Al-Muta’allim masih dapat dilakukan pada pendidikan di era disrupsi. Esensi kasih sayang yang dilakukan oleh guru kepada murid dan esensi kepatuhan yang direpresentasikan melalui pendidikan karakter seperti perilaku-perilaku sopan santun peserta didik kepada guru masih dianjurkan pada pembelajaran modern. Kata kunci : Interaksi Edukatif Guru Peserta Didik; Ta’līm Al-Muta’allim; Implikasi; Era Disrupsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:46
Last Modified: 24 Jan 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27772

Actions (login required)

View Item View Item