INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NU 1 ADIWERNA TEGAL

Al Izar, Muhammad Rezky (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NU 1 ADIWERNA TEGAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21502000009_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Rumusan masalah adalah 1) bagaimanakah perencanaan proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI di SMK NU 1 Adiwerna Tegal, 2) bagaimanakah pelaksanaan proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI di SMK NU 1 Adiwerna Tegal, 3) bagaimanakah evaluasi proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI di SMK NU 1 Adiwerna Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. sumber data primer adalah kepala sekolah, guru PAI. Analisis data menggunakan pedoman dari teori Milles and Hubeman. Hasil Penelitian bahwa 1) Perencanaan proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI di SMK NU 1 Adiwerna Tegal meliputi a) Memilih strategi pembelajaran dan menetapkan pendekatan metode dan teknik, b) Guru merencanakan media yang digunakan dalam kegiatan belajar berupa sarana yang dapat mempertinggi daya serap materi pembelajaran, c) Guru merencanakan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran, d) Guru merencanakan proses evaluasi, dan e) Penyusunan perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan Proses Internalisasi Nilai Pendidikan Islam dalam Pembelajaran PAI di SMK NU 1 Adiwerna Tegal meliputi tiga hal yaitu nilai akhlak, nilai ibadah dan nilai akidah. Pelaksanaan internalisasi nilai dilakukan dalam dua bentuk yaitu di dalam kelas dalam proses pembelajaran dan diluar kelas dalam bentuk kegiatan keagamaan. Strategi dan metode yang digunakan adalah metode keteladanan, metode nasihat, metode jigsaw, metode Ibrah dan Amtsal. sarana dan prasarana yang digunakan meliputi LCD proyektor dan media. tahapan pelaksanaan meliputi transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. 3) Evaluasi proses internalisasi nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI di SMK NU 1 Adiwerna Tegal dilakukan dengan mengacu pada prinsip bahwa penilaian terhadap peserta didik dengan melihat sejauh manakah pemahaman, penghayatan, dan pengamalan mereka terhadap nilai-nilai pendidikan Islam. Penilaian dilakukan dalam dua cara. Pertama, penilaian di dalam kelas saat proses pembelajaran PA. Kedua, penilaian yang dilakukan di luar kelas. penilaian di dalam kelas sudah tentukan dalam RPP seperti jurnal, penilaian teman, dan penilaian guru. Penilaian di luar kelas, penilaiannya melihat kesadaran dan keikutsertaan peserta didik dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang telah diprogramkan sekolah. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Pendidikan Islam dan Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:25
Last Modified: 24 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27715

Actions (login required)

View Item View Item