EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTU MEDIA MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI WATES 02

Wijianto, Bakhtiar (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTU MEDIA MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI WATES 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800015_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran berbantu media mind mapping terhadap berpikir kritis dan kemandirian siswa materi pecahan kelas IV SD Negeri wates 02. Rumusan masalahnya “apakah terdapat keefektivan pembelajaran berbantu media mind mapping terhadap berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa materi pecahan kelas IV?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektifan pembelajaran berbantu media mind mapping terhadap berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa materi pecahan kelas IV SD Negeri Wates 02. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam mendapatkan data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 teknik yaitu teknik tes dengan menggunakan pretest serta posttest dan non tes menggunakan lembar observasi serta angket siswa. Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan antara pembelajaran sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan dilihat dari pretest dan posttest dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan menggunakan SPSS dengan ketentuan jika nilai sig.(2-tailled) < 0,05 maka hipotesis diterima. Output SPSS menghasilkan nilai signifikan sig.(2-tailed) 0,00 yang artinya hipotesis diterima. Kesimpulanya adalah pembelajaran pecahan berbantu media mind mapping lebih baik dibandingkan pembelajaran metode ceramah dibuktikan dengan nilai rata rata siswa lebih tinggi ketika posttest dibanding ketika pretest yaitu 85 berbanding 56untuk berpikir kritis, 80 berbanding 50 untuk kemandirian belajar dan 37 berbanding 77 untuk hasil belajar. Kata Kunci: Mind Mapping, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:49
Last Modified: 17 Jan 2023 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27149

Actions (login required)

View Item View Item