HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN TINGKAT STRES PADA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI

HAMIDAH, RISTA NUR (2021) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN TINGKAT STRES PADA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701800114_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan tingkat stres orang tua dalam mendampingi pembelajaran jauh anak usia sekolah dasar selama pandemi Covid 19. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi orang tua siswa sekolah dasar di Kecamatan Demak. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah kuota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 573 orang tua dari 301 siswa dengan 287 bapak dan 286 ibu. Alat ukur yang digunakan adalah skala stres dengan konsistensi internal α=.868 dan skala regulasi emosi dengan konsistensi internal α=.789. Teknik analisis data menggunakan korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan anatara regulasi emosi dengan tingkat stres orang tua dalam mendampingi pembelajaran jarak jauh anak usia sekolah dasar selama pandemi Covid 19. Hasil uji korelasi mendapatkan nilai τ = -.276 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01). Regulasi emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 17,3% pada tingkat stres. Hasil penelitian memperlihatkan adanya hubungan negatif antara regulasi emosi dengan tingkat stres orang tua dalam mendampingi pembelajaran jarak jauh anak usia sekolah dasar selama pandemi Covid 19 Kata kunci: stres, regulasi emosi, pembelajaran jarak jauh, anak usia sekolah dasar, pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:02
Last Modified: 16 Jan 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27016

Actions (login required)

View Item View Item