PERAN INTERAKSI PERSONAL GURU-SISWA YANG OTORITATIF DAN DUKUNGAN AKADEMIK TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA SMA DI KOTA SEMARANG

Almaida, Risa (2022) PERAN INTERAKSI PERSONAL GURU-SISWA YANG OTORITATIF DAN DUKUNGAN AKADEMIK TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERLIBATAN SISWA SMA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701800112_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran antara interaksi personal guru-siswa yang otoritatif dan dukungan akademik teman sebaya terhadap keterlibatan siswa SMA di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Islam Sultan Agung 1 kelas 10 dan 11 dengan jumlah 231 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala yaitu skala keterlibatan siswa dengan koefisien reliabilitas 0,859 , skala interaksi personal guru-siswa yang otoritatif dengan koefisien reliabilitas 0,898 , skala dukungan akademik teman sebaya dengan koefisien reliabilitas 0,913. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan nilai R= 0,429 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya interaksi personal guru-siswa yang otoritatif dan dukungan akademik teman sebaya mampu memprediksi keterlibatan siswa SMA di Kota Semarang secara signifikan. Hasil uji korelasi parsial pertama antara interaksi personal guru-siswa yang otoritatif dengan keterlibatan siswa menunjukkan nilai rx1y= 0,068 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya terdapat hubungan antara interaksi personal guru-siswa yang otoritatif terhadap keterlibatan siswa SMA di Kota Semarang. Hasil uji korelasi parsial kedua antara dukungan akademik teman sebaya dengan keterlibatan siswa menunjukkan hasil rx2y= 0,339 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01), artinya terdapat hubungan antara dukungan akademik teman sebaya terhadap keterlibatan siswa SMA di Kota Semarang. Kata kunci: Keterlibatan siswa, interaksi personal guru-siswa yang otoritatif, dukungan akademik teman sebaya, siswa SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:01
Last Modified: 16 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27014

Actions (login required)

View Item View Item