HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KENAKALAN REMAJA SEKOLAH

Himmatul, Ulya (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KENAKALAN REMAJA SEKOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701800058_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Kenakalan Remaja merupakan tindakan yang melanggar aturan baik hukum maupun nilai-nilai norma. Kenakalan remaja terbentuk dari adanya konflik- konflik yang terdapat dalam diri remaja dan tidak terselesaikan dengan baik. Banyak hal yang memicu munculnya kenakalan remaja, diantanya dipengaruhi oleh rendahnya dukungan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara dukungan orang tua terhadap kenakalan remaja sekolah menegah kejuruan di wilayah Semarang Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek adalah siswa SMK Negeri yang ada di wilayah Semarang Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Dalam pengambilan sampel sebanyak 240 responden dengan teknik pengambilan data menggunakan skala psikologi. Skala dukungan orang tua yang berjumlah 40 itemdengan reliabilitas 0,913, dan skala kenakalan remaja berjumlah 40 item dengan reliabilitas 0,669. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dalam uji product moment diketahui koefisien korelasi (rxy) = -0,297 dengan signifikansi 0,000 (P < 0,05) yang berarti hipotesis pada penelitian ini diterima yakni terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukan sumbangan efektif dukungan sosial orang tua terhadap kenakalan remaja sebesar 0.088 atau 8.8%. Kata Kunci : Dukungan Sosial Orangtua, Kenakalan Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:57
Last Modified: 16 Jan 2023 02:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item