HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN PERBANDINGAN SOSIAL PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Amelia, Dinda Sekar (2022) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN PERBANDINGAN SOSIAL PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701800034_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara penerimaan diri dengan perbandingan sosial pada remaja akhir yang menggunakan instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang berada dalam rentang usia 18 tahun sampai 21 tahun dengan sampel berjumlah 213 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling sebagai metode pengambilan sampel. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 2 skala. Pertama yaitu menggunakan skala perbandingan sosial yang terdiri atas 39 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,952. Skala kedua merupakan skala penerimaan diri yang terdiri atas 36 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,909. Analisis data pada hipotesis penelitian ini menggunakan analisis korelasi pearson. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan diri dengan perbandingan sosial dengan r = -0,519 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan negatif signifikan antara penerimaan diri dengan perbandingan sosial. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel penerimaan diri terhadap perbandingan sosial adalah sebesar 26,9%. Kata Kunci: penerimaan diri, perbandingan sosial, remaja akhir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:52
Last Modified: 16 Jan 2023 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item View Item