PERSEPSI BRAND MINDED DAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS

Mahendra, Alam Arya (2022) PERSEPSI BRAND MINDED DAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701800007_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi brand minded dan kepribadian big five dengan gaya hidup hedonis pada pengurus organisasi Komisariat Sapma Pemuda Pancasila UNISSULA Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni organisasi Komisariat Sapma Pemuda Pancasila UNISSULA Semarang dengan populasi sejumlah 206 mahasiswa, sampel dalam penelitian ini jumlahnya ditentukan menggunakan perhitungan proporsi sampel oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% sebanyak 88 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan tiga skala sebagai alat ukur yaitu skala gaya hidup hedonis yang terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,901, skala persepsi brand minded yang terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,956, dan skala kepribadian big five yang terdiri dari 20 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,911. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, korelasi parsial dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi brand-minded dan kepribadian big five dengan gaya hidup hedonis (p= 0,117>0,05; R=0,191). Hipotesis kedua dengan korelasi parsial mengungkapkan bahwa persepsi brand-minded tidak memiliki hubungan dengan gaya hidup hedonis (p= 0,534>0,05; rxy1-2= -0,058) sedangkan pada dimensi kepribadian ditemukan kepribadian agreeablenes (p= 0,037<0,05; rxy=0,192*) memiliki hubungan negatif yang signifikan dengan gaya hidup hedonis sementara empat dimensi kepribadian yang lain yaitu extraversion (p= 0,070> 0,05; r= -0,167), conscientiousness (p= 0,070> 0,05; r= -0,167), neurotism (p= 0,882> 0,05; r = -0,014) dan openness (p = 0,319> 0,05; r= -0,093) tidak memiliki hubungan signifikan dengan gaya hidp hedonis yang artinya hipotesis ketiga, kelima, keenam dan ketujuh pada penelitian ini ditolak. Kata kunci: Gaya Hidup Hedonis, Kepribadian Big Five, Persepsi Brand-Minded

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:02
Last Modified: 16 Jan 2023 02:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26926

Actions (login required)

View Item View Item