HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PERILAKU KOMSUMTIF REMAJA YANG BERKAITAN DENGAN IDOLA

Apriliani, Siti Fatimah Zahra (2022) HUBUNGAN ANTARA CELEBRITY WORSHIP DENGAN PERILAKU KOMSUMTIF REMAJA YANG BERKAITAN DENGAN IDOLA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30701700122_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif pada remaja perempuan yang berkaitan dengan idola. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 117 merupakan komunitas online pecinta Kpop yang terdapat di Provinsi X yaitu Komunitas NCTzen. Teknik pengambilan sampel dilakukan adalah dengan menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala. Skala pertama adalah skala perilaku konsumtif yang terdiri 27 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,926. Skala kedua adalah skala celebrity worship yang terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,876. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan analisis product moment. Hasil analisis hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif dengan nilai rxy= 0,334 dan p= 0,000 (p<0,05) sehingga menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci: Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:16
Last Modified: 16 Jan 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26900

Actions (login required)

View Item View Item