Bima, Farkhansyah Harya (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN OPTIMISME TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
30701601856_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan optimisme terhadap IPK mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Terdapat 3 variable yaitu Motivasi Belajar, Optimisme, dan IPK. Subjek yang digunakan mahasiswa angkatan 2017 dengan jumlah mahasiswa 147 dan diambil sampel 119 mahasiswa, untuk teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu penentuan sample dengan mengambil subjek yang kebetulan ada atau tersedia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Skala motivasi belajar terdiri dari 6 aspek dengan jumlah 36 aitem mendapatkan hasil sebesar 0,948 melalui Alpha Cronbach yang bisa dinyatakan bahwa skala motivasi belajar reliabel. Skala Optimisme terdiri dari 3 Aspek dengan 30 aitem mendapatkan hasil sebesar 0,924 melalui Alpha Cronbach yang bisa dinyatakan bahwa skala optimisme reliabel, Uji hipotesis pertama dengan perolehan hasil R=0,979 dan p=0,000 (p<0,01), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar serta optimisme terhadap IPK. Hipotesis kedua mendapatkan hasil rx1y= 0,561 dan signifikansi 0,000 (p<0,01) sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap IPK, hipotesis ke tiga memiliki hasil rx2y=0,458 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01). Dari hasil tersebut bisa disimpulkan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan optimisme terhadap IPK. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Optimisme, dan IPK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 06:50 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 06:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26836 |
Actions (login required)
View Item |