Adi, Hermawan Sasono (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
30701601785_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala Interaksi Sosial yang terdiri dari 16 aitem dengan koefisien reabilitas sebesar 0,854, dan skala Kepercayaan Diri yang terdiri dari 16 aitem dengan koefisien reabilitas sebesar 0,878. Uji hipotesis menggunakan teknik Product Moment dengan koefisien korelasi (rxy = 0,759) dan Fhitung sebesar 20,597 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada mahasiswa. Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi pula interaksi sosial mahasiswa, sebaliknya semakin rendah tingkat kepercayaan diri mahasiswa, maka semakin rendah pula interaksi sosial mahasiswa dan sebaliknya. Kepercayaan diri memberikan sumbangan efektif pada interaksi sosial sebesar sebesar 75,9% sedangkan sisanya sebesar 24,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian seperti kepribadian, orientasi peran, dan latar belakang keluarga. Kesimpunlan hipotesis dala penelitian ini diterima. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Interaksi Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 02:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26817 |
Actions (login required)
View Item |