Nagoro, Sabeth Dwi Setyo (2015) Persepsi Auditor, Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen Dan Mahasiswa Akuntansi Tentang Konsep Dasar, Pengukuran Dan Pengungkapan Akuntansi Lingkungan. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (70kB) | Preview |
Abstract
Akuntansi lingkungan diterapkan oleh berbagai perusahaan untuk menghasilkan penilaian kuantitatif tentang biaya dan dampak perlindungan lingkungan. Fungsi penting dari akuntansi lingkungan adalah untuk menempatkan biaya-biaya lingkungan agar diperhatikan oleh para stakeholders yang sanggup dan termotivasi untuk mengidentifikasi bagaimana cara-cara mengurangi atau menghindari seluruh biaya-biaya ketika pada saat yang bersamaan sedang memperbaiki kualitas lingkungan.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi auditor, akuntan pendidik, akuntan manajemen dan mahasiswa akuntansi tentang konsep dasar akuntansi lingkungan, pengukuran akuntansi lingkungan dan pengungkapan akuntansi lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei, data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dengan pendistribusian kuesioner yang diberikan kepada responden secara langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi Auditor, Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen dan Mahasiswa Akuntansi tentang konsep dasar akuntansi lingkungan, terdapat perbedaan persepsi Auditor, Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen dan Mahasiswa Akuntansi tentang pengukuran akuntansi lingkungan, terdapat perbedaan persepsi Auditor, Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen dan Mahasiswa Akuntansi tentang pengungkapan akuntansi lingkungan. Akuntan Pendidik mempunyai persepsi yang lebih baik jika dibandingkan dengan Auditor, Akuntan Manajemen dan Mahasiswa. Akuntan Pendidik (Dosen) dianggap secara teori telah memahami konsep dasar akuntansi lingkungan dalam proses pembelajaran berdasarkan pemahaman dan pemikiran yang logis menurut teori yang ada. Akuntan Pendidik, Auditor dan Akuntan Manajemen telah berpengalaman dan mengetahui kondisi langsung mengenai perkembangan konsep akuntansi lingkungan, sementara bagi Mahasiswa masih merupakan materi yang baru. Auditor mempunyai persepsi yang lebih baik jika dibandingkan dengan Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen dan Mahasiswa. Auditor dianggap secara makro (global) sebagai praktisi yang berpengalaman di dalam memahami pengukuran akuntansi lingkungan berdasarkan pemahaman dan pengalaman. Sedangkan Akuntan Pendidik di dalam mengukur akuntansi lingkungan hanya sebatas teori dan pemahaman saja, demikian pula dengan Mahasiswa. Auditor mempunyai persepsi yang lebih baik jika dibandingkan dengan Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen dan Mahasiswa. Akuntan Pendidik di dalam mengungkap akuntansi lingkungan hanya sebatas teori dan pemahaman saja.. Auditor telah berpengalaman dan mengetahui kondisi langsung mengenai indikator pengukuran akuntansi lingkungan, sementara bagi Mahasiswa masih merupakan materi yang baru Kata Kunci : Persepsi, Konsep Dasar Akuntansi Lingkungan, Pengukuran Akuntansi Lingkungan, Pengungkapan Akuntansi Lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 04:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 04:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2599 |
Actions (login required)
View Item |