EVALUASI KAPASITAS SALURAN DRAINASE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC – RAS 4.10 dan EPA SWMM 5.1 (Studi Kasus Pusat Kota Jepara, Jawa Tengah)

FAUZIAH, SHISKA (2021) EVALUASI KAPASITAS SALURAN DRAINASE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE HEC – RAS 4.10 dan EPA SWMM 5.1 (Studi Kasus Pusat Kota Jepara, Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
20202000020_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Berdasarkan data nilai lahan yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara bahwa di Pusat Kota Jepara, Kecamatan Jepara pengalihan fungsi lahan untuk bangunan sangat tinggi yaitu menunjukkan persentase sebesar 70,98 %, Oleh karena itu mengakibatkan area terbuka pada Pusat Kota Jepara untuk resapan air hujan khususnya di ruas jalur utama menjadi berkurang sehingga mengakibatkan banjir dan genangan air di lokasi pusat kota maka perlu dilakukan kajian untuk menganalisis kapasitas saluran drainase tersebut. Debit rencana dihitung dengan menggunakan metode rasional dan kapasitas saluran dihitung dengan permodelan software HEC RAS 4.1.0 dan EPA SWMM 5.1. Dalam input hidraulika terdapat perbedaan antara HEC RAS dengan EPA SWMM untuk software HEC RAS data yang di input adalah debit sedangkan EPA SWMM data curah hujan, untuk input geometri pada HEC RAS dimensi saluran menggunakan titik koordinat yang menunjukan bentuk, tinggi, lebar saluran, sedangkan untuk EPA SWMM lebih mudah dengan input secara langsung pada menu lebar,tinggi, dan bentuk saluran yang sudah disediakan pada menu software. Berdasarkan analisa hidrualika diperoleh dengan software HEC RAS 4.1.0 dan EPA SWMM 5.1. pada kala ulang 1 tahun terdapat titik banjir tersebar dibeberapa daerah di Pusat Kota, yaitu Titik banjir tersebar pada saluran di ruas jalan Jl. Pemuda 3, Jl. Ki Mangunsarkoro 1(A), Jl. Ki Mangunsarkoro 2(A) dan B, Jl. Dr. Sutomo A dan B, Jl. HM. Sahid A dan B, Jl. Brigjenkatamso 1 dan 2, Jl. RA. Kartini 2 sedengkan Dalam mengatasi banjir diperlukan perencanaan ulang drainase kala ulang 10 tahun guna menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi warga sekitar. Kata kunci : Debit banjir, kapasitas saluran, HEC RAS, EPA SWMM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:02
Last Modified: 05 Jan 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item