ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN JALAN PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL (Studi Kasus : Traffic light Depan Kampus UNISSULA Jl. Raya Kaligawe KM 4 Semarang)

PRAWESTHI, WIDYA AYU (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN JALAN PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL (Studi Kasus : Traffic light Depan Kampus UNISSULA Jl. Raya Kaligawe KM 4 Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
20201800070_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Kerusakan jalan sering terjadi pada persimpangan bersinyal, hal tersebut menyebabkan terhambatnya laju kendaaraan serta menimbulkan kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada persimpangan bersinyal, untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan serta menentukan penangangan yang harus dilakukan sebagai alternatif untuk mencegah terjadinya kerusakan. Penelitian ini menggunakan metode RCI (Road Condition Index) , untuk mendapatkan RCI value dan jenis kerusakan yang sesuai dengan kriteria pada tabel RCI. Metode RCI ini dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan. Berdasarkan hasil survei lapangan dan olah data dengan metode RCI (Road Condition Index), didapati hasil penilaian yang merujuk pada kondisi jalan yang jelek,terdapat lubang,dan permukaan tidak rata, dan juga karena kondisi dilokasi penelitian sering terjadi banjir rob,serta adanya gaya sentrifugal dari U-turn,serta gaya getar saat menunggu lampu merah, yang mengakibatkan perbaikan jalan dengan lapis tambah perkerasan aspal rawan terjadi kerusakan. Oleh karena itu alternatif perbaikan dengan perkerasan beton semen lebih cocok digunakan untuk perbaikan di jalan Kaligawe KM.4 (Depan kampus Universitas Islam Sultan Agung) Semarang. Adapun spesifikasi item pekerjaan dengan uraian yaitu: tebal pelat = 15,0 cm, panjang pelat = 100 m, sambungan susut dipasang setiap jarak 5 m, sambungan melintang (dowel) menggunakan ruji polos diameter 32 mm, panjang 45 cm, jarak antar ruji 30 cm, sambungan memanjang (tie bar) menggunakan baja ulir diameter 16 mm, panjang 70 cm, jarak 75 cm. Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Perbaikan Jalan, persimpangan Bersinyal, Transportasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:50
Last Modified: 05 Jan 2023 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25677

Actions (login required)

View Item View Item