ANALISIS PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN GEOSINTETIK JENIS Prefabricated Vertical Drain (PVD), Prefabricated Horizontal Drain (PHD), dan GEOTEKSTIL (Studi Kasus: Tol Semarang – Demak)

Umar, Nena Hidayah and Dianingsih, Yuliatun Huda (2022) ANALISIS PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN GEOSINTETIK JENIS Prefabricated Vertical Drain (PVD), Prefabricated Horizontal Drain (PHD), dan GEOTEKSTIL (Studi Kasus: Tol Semarang – Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30201800148_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Karakteristik tanah yang dilalui pembangunan ruas Tol Semarang – Demak didominan lunak. Tanah lunak mempunyai daya dukung rendah dan mengakibatkan penurunan tanah yang besar sebab beban yang ditopangnya. Proses konsolidasi tanah lunak membutuhkan waktu yang lama, sehingga perlu perbaikan tanah untuk mempercepat proses konsolidasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui waktu dan besar penurunan tanah akibat konsolidasi tanpa menggunakan dan menggunakan PVD, PHD, dan Geotekstil. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan tanah menggunakan geosintetik jenis Prefabricated Vertical Drain (PVD), Prefabricated Horizontal Drain (PHD), dan geotekstil. Perhitungan penurunan konsolidasi menggunakan metode persamaan Terzaghi. Derajat Konsolidasi yang ditargetkan adalah saat mencapai derajat konsolidasi 90%. Analisis pola dan jarak antar PVD dihitung untuk mendapatkan pola dan jarak yang paling efektif untuk digunakan. Kedalaman PVD yang digunakan dalam perencanaan sedalam 23,55 m dengan tinggi timbunan 10 m. Besar penurunan tanah tanpa menggunakan PVD sebesar 2,102 m dengan waktu 2600 hari, sedangkan besar penurunan tanah menggunakan PVD sebesar 2,101 m dengan waktu 42 hari menggunakan pola segitiga dan jarak terdekat yaitu 0,9 m. Berdasarkan hasil perhitungan PVD dengan pola segitiga, maka setiap 1 ujung PVD mengeluarkan air seluas 0,701 m2 dengan panjang lajur PHD maksimum 70,717 m menghasilkan estimasi debit air horizontal sebesar 0,000064 m3/s. Kata Kunci : Konsolidasi; Penurunan tanah; PHD; PVD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:48
Last Modified: 05 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25673

Actions (login required)

View Item View Item