PELAKSANAAN PEMBERIAN ASIMILASI PADA NARAPIDANA DI MASA PANDEM COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas A Kendal)

DWI ANGGRAINI, NITA (2022) PELAKSANAAN PEMBERIAN ASIMILASI PADA NARAPIDANA DI MASA PANDEM COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas A Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800294_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)

Abstract

Merebaknya pandemi atau penyebaran massif Coronavirus Disease 2019 (Cov d-19) di seluruh dunia dan ndones a sejak akhir tahun 2019 men mbulkan kecemasan dan kekhawat ran yang sangat tinggi , terutama di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Fokus penel t an penul s ya tu dasar kebijakan Lembaga Pemasyarakatan Kelas A Kendal dalam pember an as m las pada masa pandem Cov d-19 dan prosedur pelaksanaan pember an asimilasi narap dana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas A Kendal pada masa pandem Covid-19. Pendekatan penel t an yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian yuridis sos olog s yakn penel t an hukum yang menggunakan data sekunder sebagai data awal. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis ya tu observasi , wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian mengenai dasar kebijakan pemerintah dalam rangka mengurangi dan mengatasi percepatan penyebaran virus Cov d-19 dalam Lembaga Pemasyarakatan pada tahun 2021 ya tu dikeluarkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pember an As m las , Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cut Bersyarat Bag Narap dana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Cov d-19. Prosedur dan tata cara pember an as m las d ber kan kepada narap dana yang mengajukan permohonan untuk melakukan asimilasi ke bagian Bimbingan Kemasyarakatan (B maswat). Penerbitan surat keputusan (SK) dilakukan secara online yang terakomodir dalam sistem database pemasyarakatan. Narap dana yang telah mendapatkan SK sudah bisa melakukan asimilasi di rumah. Solusi penanggulangan pandem Cov d-19 pada tahun 2021 dengan menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia 32 tahun 2020 disempurnakan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 24 tahun 2021 tentang Syarat dan Tata Cara Pember an As m las , Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cut Bersyarat bag Narap dana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Cov d-19. Kata Kunci : Asimilasi ,Covid-19,Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:02
Last Modified: 29 Dec 2022 02:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25422

Actions (login required)

View Item View Item