Ramadhan, Irsyad (2021) PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN MODEL MARKETING ONLINE OFFLINE TERHADAP KINERJA KEUANGAN MELALUI FINANCIAL BEHAVIOUR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UKM KONVEKSI DI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
30401700107_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
UMKM konveksi merupakan salah satu bisnis yang cukup populer dalam masyarakat Indonesia yang tersebar di setiap daerah. Konveksi mempunyai pengaruh yang besar bagi manusia karena produk yang dihasilkan oleh konveksi salah satunya adalah pakaian yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. data BPS Provinsi bahwa UMKM Binaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan dari tahun 2017. Analisis tersebut menunjukkan perkembangan sangat berfluktuasi oleh karena itu menarik untuk diteliti faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM Konveksi di Jawa Tengah. Tujuan dari peneltian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh signifikan financial literacy terhadap financial behavoiur UKM konveksi di Jawa Tengah. 2) Untuk menganalisis pengaruh signifikan model marketing online dan offline terhadap financial behavoiur UKM konveksi di Jawa Tengah. 3) Untuk menganalisis pengaruh signifikan financial literacy terhadap kinerja keuangan UKM konveksi di Jawa Tengah. 4) Untuk menganalisis pengaruh signifikan model marketing online dan offline terhadap kinerja keuangan UKM konveksi di Jawa Tengah. 5) Untuk menganalisis pengaruh signifikan financial behavoiur terhadap kinerja keuangan UKM konveksi di Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode explanatory research Populasi dalam penelitian ini adalah 223 UKM konveksi di Jawa Tengah sedangkan sampel penelitian dihitung menggunakan rumus slovin menjadi 143 UKM konveksi di Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh signifikan financial literacy terhadap financial behavoiur UKM konveksi di Jawa Tengah. Berdasarkan t-hitung 6,638 > t-tabel 1,96 .2) Tidak terdapat pengaruh signifikan model marketing online dan offline terhadap financial behavoiur UKM konveksi di Jawa Tengah. Berdasarkan t-hitung 0,739 < t- tabel 1,96. 3) Terdapat pengaruh signifikan financial literacy terhadap kinerja keuangan UKM konveksi di Jawa Tengah Berdasarkan t-hitung 2,557 > t-tabel 1,96. 4) Tidak terdapat pengaruh signifikan model marketing online dan offline terhadap kinerja keuangan UKM konveksi di Jawa Tengah. Berdasarkan t-hitung 1,196 < t-tabel 1,96. 5) Tidak terdapat pengaruh signifikan financial behavoiur terhadap kinerja keuangan UKM konveksi di Jawa Tengah. Berdasarkan t-hitung 1,165 < t-tabel 1,96. Kata Kunci : financial literacy, model marketing online dan offline, financial behavoiur dan kinerja keuangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:55 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:55 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24748 |
Actions (login required)
View Item |