Nugroho, Dany (2021) ANALISIS ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI PESAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA KEDAI KOPI DI KAWASAN TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
30401612106_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi pesaing terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada kedai kopi di Kawasan Tembalang Semarang. Penelitian ini menggunakan semua populasi di Kawasan Tembalang Semarang sebagai sampel sebanyak 120 kedai kopi. Dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan pengisiannya dilakukan menggunakan skala likert menghasilkan temuan bahwa orientasi pelanggan dan orientasi pesaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Penelitian juga menemukan bahwa keunggulan bersaing mampu menjadi mediasi penting dalam menjembatani hubungan orientasi pelanggan dan orientasi pesaing dengan kinerja pemasaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan cara meningkatkan orientasi pelanggan dan orientasi pesaing dan akan lebih efektif apabila melalui keunggulan bersaing. Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:04 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24718 |
Actions (login required)
View Item |