ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI KERETA API KA. KALIGUNG EXPRES PT. KERETA API INDONESIA

Wiharyoko, Bayu (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI KERETA API KA. KALIGUNG EXPRES PT. KERETA API INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04975937_fulltext.pdf

Download (27MB)

Abstract

Dalam industri jasa, kebutuhan akan transportasi memiliki arti yang sangat penting. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan akan bersaing baik dalam harga, pelayanan dan faktor-faktor lain yang menimbulkan kepuasan bagi konsumen. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung Express PT KAI di Tegal adalah pendapatan, harga atau tarif dan pelayanan Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh pendapatan terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT. Kereta Api Indonesia. 2) Bagaimana pengaruh harga atau tarif terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA Kaligung pada PT, Kereta Api Indonesia. 3) Bagaimana pengaruh pelayanan terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan Jasa transportasi KA. Kaligung pada PT, Kereta Api Indonesia. 4) Faktor apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia Masalah dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut I) Pendapatan konsumen, mcrupakan besarnya pendapatan yang diterima oleh responden atas pekerjaan yang disandangnya. 2) Harga tiket atau besarnya tarif, merupakan besarnya biaya yang dibcbankan oleh T Kereta Api Indonesia kepada konsumen yang menumpang KA. Kaligung Express. 3) Pelayanan, merupakan segala atribut yang terdapat pada KA. Kaligung baik fisik maupun non fisik schingga memberikan kepuasan bagi penumpang selama dalam perjalanan. 4) Pengambilan keputusan konsumen, merupakan keputusan yang diambil oleh konsumen untuk selalu menggunakan angkutan kereta api KA. Kaligung Express pada PT, Kereta Api Indonesia Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah I). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk mcnggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga atau tarif terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT Kereta Api Indonesia. 4) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi KA. Kaligung pada PT. Kereta Api Indonesia Populasi yang digunakan dalam penchitian ini adalah seluruh penumpang yang naik kereta api KA. Kaligung Express untuk jurusan Semarang Tegal maupun Tegal Semarang Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah cbagan dant penumpang yang nark kereta api KA. Kaligung Express pada hart Minggu, minggu ketiga bulan Februari tahun 2003 baik penumpang jurusan Semarang Tegal maupun Tegal Semarang sebanyak 96 respondent Teknik accydental sampling, yaitu pengambilan sampel yang kcbetulan bisa ditemu penumpang pada Minggu, minggu etiga bulan Februari pada tahun 2003 yang secara kebetulan menjadi penumpang KA. Kaligung Express jurusan Semarang Tegal maupun Tegal Semarang Adapun alat analisis yang digunakan dalam penehitian ini adalah uji Chi Square dengan hasil sebagar berikut hart Pendapatan (X) a Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan rata-rata perbulan terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis C hi Square scbesar 40,552 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai r 0,7I4 sehingga mempunyai hubungan yang kuat b Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh yang signifikan antara pendapatan yang disisihkan terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Square sebesar 34,924 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilair 0,730 sehingga mempunyai hubungan yang kuat Chu c. Terdapat pengaruh yang signifikan antara frekuensi penggunaan KA Kaligung terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chi Square sebesar 1H,746 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai r 0,467 sehingga mempunyai hubungan yang cukup kuat 2 Marga (8 a. TVerdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh yang signifikan antara biaya / tarif yang dibcbankan terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis (hr Square sebesar 52,622 dengan signifikansi sebesar 0,00 dean midair sehingga mempunyai hubungan yang sangat kuat b Terdapat pengaruh yang signifikan antara potongan tarif terhadap pngambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis (ht Square sebesar 55,669 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai r 0,841 0,857 sehingga mempunyar hubungan yang sangat kuat = e. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesesuaian harga dengan fasilitas kereta KA. Kaligung terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chu Square sebesar 51,169 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan mlair 0,834 sehingga mempunyai hubungan yang sangat kuat 3. Pelayanan (X%) a. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan saat pembelian tiket terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chi Square = sebesar 9,863 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilair 0,440 sehingga mempunyai hubungan yang cukup kuat b. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keramahan petugas terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chu Square sebesar 12,400 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan = milai r 0,470 sehingga mempunyai hubungan yang cukup kuat c. Terdapat pengaruh yang signifikan antara ruang duduk penumpang terhadap pengambilan keputusan konsumen, dengan hasil analisis Chi Square sebesar 17,008 dengan signifikansi sebesar 0,000 milair 0,549 sehingga mempunyai hubungan yang cukup kuat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:05
Last Modified: 13 Jul 2022 06:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item View Item