PENGARUH PENAMBAHAN ARANG TEMPURUNG KELAPA TANAH DAN LIMBAH GYPSUM TERHADAP STABILITAS YYHUAH TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (Studi Kasus : Desa Kuaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah)

Roshadewi, Mauriska (2021) PENGARUH PENAMBAHAN ARANG TEMPURUNG KELAPA TANAH DAN LIMBAH GYPSUM TERHADAP STABILITAS YYHUAH TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (Studi Kasus : Desa Kuaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30201700099_fulltextdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Tanah merupakan komponen penting dalam mendirikan sebuah bangunan konstruksi. Tanah di Desa Kuaron, KecamatanoGubug, KabupatenoGrobogan, ProvinsioJawaoTengah dikenal denganotanahnya yang ekspansifotinggi dan mempunyai potensi pengembangan yang tinggi. Tanah lempung ekspansif merupakan tanah yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap perubahan kadar air. Untuk mencegah kerusakan pada bangunan dilakukan stabilisasi tanah dengan campuran arang tempurung kelapa dan limbah gypsum untuk mengetahui prosentase maksimum dari pengaruh penambahan campuran tersebut. Dalam penelitian ini, menggunakan metode stabilisasi tanah secara kimiawi dengan mencampurkan tanah asli dengan menambahkan bahan campuran arang tempurung kelapa dan campuran serbuk limbah gypsum sebagai pembandingnya dengan presentase 6%, 10%, dan 14%. Serta campuran arang tempurung kelapa ditambah limbah gypsum dengan presentase 3%+3%, 5%+5%, dan 7%+7%. Janis pengujian diolaboratorium meliputi ujiokadaroair, beratojenis, analisaosaringan, atterbergolimit, directoshear,oproktor modifikasi, dan CBR. Hasiloyang diperolehodariopengujian dilaboratorium didapatkan uji CBR mengalami peningkatan dari 8,025% menjadi 14,51% pada campuran 7%+7%. Dari hasil uji geser tanah langsung menunjukkan peningkatan pada nilai kohesi tanah dari 0.36 kPa menjadi 0.32 kPa pada campuran 7%+7%. Sedangkan sudut geser dalam mengalami peningkatan dari 28,34° menjadi 37,72° pada campuran 7%+7%. Kata Kunci : Stabilisasi, Ekspansif, Arang Tempurung Kelapa, Limbah Gypsum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:41
Last Modified: 13 Jul 2022 01:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24377

Actions (login required)

View Item View Item