ZAEMAH, UMI NUR (1999) ANALISIS PEMILIHAN CARA PROMOSI YANG EFEKTIF DALAM MENAIKKAN VOLUME PENJUALEN PADA PERUSAHAAN TENUN PISMATEX PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
04944959_fulltext.pdf Download (6MB) |
Abstract
Promosi merupakan informasi atau komunikasi searah yang digunakan oleh pengusaha dalam memperkens.lkan dar menawarkan produk kepada masyarakat. Alternatif promosi yang digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya kepada konsumen adalah dengan melakukan personal selling dan advertising diharapkan dapat teriadi kenaikan volume penjualan yang mana uga berarti akan meniamin kelangsun gan hidup perusahaan dimasa yang akan datang. Bertitik tolak dari uraian diatas maka penulis tertarik untuk melskukan penelitian dengan iudul : "ANALISIS PEMILIHAN CARA PROMOS! YANG EFEKTIF DALAH MENAIKKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TENUN PISMATEX PEKALONGAN" Permasalahan dalam penelitian ini adalah cara promosi mana yang efektif untuk menaikkan volume penjualan, dan apakah personal selling dan advertising berpengaruh terha dap volume peniualan dan apakah kegiatan tersebut efektif untuk meningkatkan volume penijualan. Tujuan dari peneli tian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan personal selling dan advertising terhadap volume penjualan dsn kegiatan pemasaran mana yang efektif untuk meningkat kan volume penjualan. Obyek penelitian adalah Perusahaan Tenun Pismatex Pekalongan. Sampelnya adalah data bi8ya yang dikeluarka.n untuk personal selling selama 5 tahun terakhir yaitu pada tahun 1994 sampai dengan tahun 1998, data biaya yang dikeluarkan untuk advertising selama 5 tahun terakhir yaitu pada tahun 1994 sampai pada tahun 1998 serta dat8 volume penjualan selama 5 tahun terakhir yaitu pads tahun 1994-sampai dengantahun 1998. Struktur organisasi yang dipakai adalah bentuk garis. Dalam penelitian ini digunakan analisis Regresi Berganda, Regresi Sederhana, Koefisian Determinasi dan Elastisitas. Sedangkan hasil perhitungan yang didapat adalah : Dengan menggunakan uii F diperoleh Fhitung sebesar 442,524 > Ftabel 19,00, pada derajat kebebasan (dk) = n-1-k = 5-1-2 = 2, dengan tingkat significant = 0,05 (a = 19,00 sehingga dapat diketa.hui secara bersama-saia biaya personal selling dan advertising mempunyai pengaruh terhadap kenaikan volume peniuslan. Dengan menggunaksn uii t diperoleh thitung sebes8r 3,353 > ttabel 3,182, pada deraist kebebasan (dk) = n-2 5%) dan diperoleh Ftabel ( 05 = = b-2 = 3, dengan tingkat significant = 0,05 ( aa = 5%) dan diperoleh ttabel 0,05 = 3,182 sehingga dapat di ketahui bahwa biaya personal selling mempunyai pengaruh terhadap volume peniualan. Int.uk biaya advertising diperoleh thitung sebesar 7,462 > ttabel 3,182, pada deraiat kebebasan (dk) = n-2 = 5-2 - 3, dengan tingkat significant = 0,05 (a = 5%) dan diperoleh ttabel 0,05 = 3,182 sehingga dapat diketahui bahwa biaya advertising uepunyai pengaruh terhadap volume penjualan. Dari perhit.ungan Koefisien Determinasi diperoleh R? 0,977 artinya bah8 97,72 variasi volume peniualan dipeugaruhi oleh biaya personal selling dan advertis i.ng. Dari uii Koefisien elastisit.as dapat diketahui baha biaya personal selling tahun 1994-1995 sampai denan t.ahun 1996-199? etektif untuk meningkatkan volume penjualan karena E > 1. Untuk tahun 1997-1998 biaya personal selling ternyata tidak efektif untuk mening katkan volume peniualan atau E < 1, hal ini dimungkin kan karena adanya krisis ekonomi. Untuk biaya advertising dari tahun 1994-1995 sampai dengan tahun 1997-1998 adalah efektif untuk meningkat kan volume penjualan. Jadi kesimpulan yang dapat diamnbil dari pembahasan anali sis efektivitas adalah baik personal selling maupun adver tisin secara umum adalah efektif untuk meningkatkan volume peniualan. Maksudnya jika biaya personal selling maupun advertising dinaikkan sebesar satu persen maka volume penjualan akan meningkat lebih dari satu persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24313 |
Actions (login required)
View Item |