ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PROM OSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BOROBUDUR SEMARANG

KUNTJORO, TEGUH (2000) ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PROM OSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BOROBUDUR SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04945046S_fulltext.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kebutnhan dala measarkan produk perln emperhatikan faktor konsumennys karena merupakan pihak yang akar mengkonsumsikan barang tersebut. Langkah yang harus ditempuh oleh perusahan yaitu dengan mepromosikan barang yang dihssilkan perusahsan karena promosi dipan­ dang sebagai arus infarmasi st arsh yang dibust untuk mengarahkan sese@rang kepada tindakan yang menciptakar pertukaran dalam pemasran. Digunakannya berbagai strategi pem&saran melalui promosi yang berupa periklanan dan promosi penjualan dihsrapkan memberikan pen@aruh kepada kemajuan seriualsn perusahaan. PT. Borobudur Semarang dalam kegiatan perik­ lanan menggunakan media cets.k yang berupa surat kabar dan media elektronik yang berups televisi dan radio sedang dlam hal promasi penjuslan yang dilakukan oleh peruse­ haan adalah dengan kegiatan pameran. Kedua hal ini perlu dicersti dan diksii karena dalam periklanan bila tidak gencar dalam engiklankan serta dalam promosi penjualan bila tidak komunikatif terhadap konsumen maka masyarakat kurang terdorong unutk membeli produk. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertsrik nntuk mengadakan penelitian da.lam hal perikl8ran darn promosi penjalan pads PT. Borobudur seberapa besar pengaruhnya terhadap volume penjualan. Dari data yang diperoleh adalsh data yang diambil dari tahun 1995 sampai ta.hun 1998 dengan en@ggunakan analisis kuantitatif dengan men@unakan metode korelasi product moment dsn korelasi berganda untuk mengetahui seberapa besar hubungan varia­ bel hebas (geriklansn dsn promosi penjualan} terhadap variabelterikat (volume perjualan} serta analisis regre­ si berganda untuk mengetahui pengaruh dsri variabel behas terhadap variabel terikat. Dari erhitungan korelasi product moment terdapat koefisien korelasi sebesar 0,8248 dari variabel perikla­ nar (X1) terhadsp volume penualan (Y) dan sebesar 0,6663 dari variabel promosi renjualan (X2) terhadap (Y) sedan untuk krelssi bergands didapat hasil 6,8416 dsri perik­ lanan (X1) dan promosi penjualsn (X2) terhadap volume peniuslan (Y) Dari perhitungan regresi berganda diperoleh koefisien regresi sebesar 3,00257 untuk periklanan (X1) terhadap volume enjualan (Y) dan sebessr 1,5863 nntuk promosi penjualsn (X2) terhadap volume penjualan (Y). Hasil perhitun@an koefisien determinasi adalah sebesar 0,7084 atau 70,84 % yang berarti periklanan dan promosi penua­ lan secars bersama-sama mempunyai pengaruh yan@ hesar terhada volume penjnalan. Sedang sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil nji (test) koefisien regresi beranda dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari periklanan terhadap volume penjualan sedankan promosi penjualan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terha­ dap volume penjulan. Jntuk periklanan dan promosi penju­ alan secara bersama-sama mempunyai pen@aruh yang siknifi-­ ks.n terhadap volume penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:55
Last Modified: 11 Jul 2022 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24310

Actions (login required)

View Item View Item