Peran Supervisi Akademik Oleh Pengawas Madrasah Dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan)

Suyanto, Suyanto (2015) Peran Supervisi Akademik Oleh Pengawas Madrasah Dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam Unissula.

[img]
Preview
Text
Cover tesis.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan dan bagaimana peran supervisi akademik oleh pengawas madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan dan mendeskripsikan peran supervisi akademik oleh pengawas madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, adapun metode-metodenya yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan pengawas madrasah, kepala madrasah dan guru Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah I Selo Tawangharjo . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pengawas madrasah telah melakukan pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di Madrasah Sunniyyah 1 Selo serta melakukan tindak lanjut. Hasil supervisi akademik pengawas madrasah berperan postif terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru Madrasah Ibtidaiyah Sunniyyah 1 Selo pada indikator perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Untuk indikator pengembangan potensi peserta didik belum maksimal dilakukan. Kata kunci: supervisi akademik, pengawas madrasah, kompetensi pedagogik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:34
Last Modified: 15 Jan 2016 04:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item