PENGARUH PROGRAM PELATTHAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERADAP PRODDRTIVITAS PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS (STUDI KASUS)

DEWI, NARDA AYU LISATYA (1999) PENGARUH PROGRAM PELATTHAN, TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERADAP PRODDRTIVITAS PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS (STUDI KASUS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04944868_fultext.pdf

Download (18MB)

Abstract

Pada era globalisasi sckarang ini pengembangan sumber daya manusia sedang Giat-giatnya dilaksanakan oleh hampir semua perusahaan, karena sumber daya manusa mempunyai asset yang tidak ternilai harganya bagi perusahaan. Keberadaan tenaga kerja yang trampil dan cekatan mulai dirasakan menjadi kcbutuhan yang tak terelakkan bagi perusahaan yang ingin maju dan berkembang. Pengetahuanan, keahlian dan ketrampilan yang dimiliki oleh wartawan tidak diperoleh dengan cara mudah. Ada beberapa cara dalam memperoleh ketrampilan, keahlian itu yaitu melalui pendidikan, pengalaman keteraturan atau kerutinan dalam melakukan suatu pekerjaan atau melalui program pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Program pelatihan adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan, pengalaman ataupun perubahan sikap seorang individu Pelatihan yang diberikan perusahaan bila ditunjang dengan pendidikan yang dimiliki oleh setiap tenaga wartawan akan memberikan hasil yan lebih baik. Pendidikan adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan untuk seseorang yang berupa peningkatan penguasaan teori dan kerampuan memutusk.an persoalanĀ­persoalan dalam kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Faktor lain yang juga sangat menentukan tingkat produktivitas kerja seseorang adalah pengalaman kerja seseorang adalah pengalama kerja yang memilikinya yang dapat dilihat dari masa kerjanya orang tersebut pada pckerjaannya. Masa kerja adalah sejumlah masa kerja secara terus menerus dalam suat organisasi Produktivitas sendiri secara umum dapat diartikan perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran sorta tenaga kerja persatuan waktu Untuk memberikan arah bagi penelitian yang dilakukan dan sebagai jawaban sementara atas masalah yang dikemukakan, maka diajukan hipotesis scbagai berikut: Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara program pelatihan, tingkat pendidikan dan masa kerja terhadap produktivitas wartawan Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah apakah ada pengaruh antara program pelatihan, tingkat pendidikan dan masa kerja terhaday produktivitas wartawan Adapun yang menjadi obyck penelitian adalah wartawan Saara Merdeka Semarang terutama bagian redaksi. Dalam penelitian ini semua kar awan bagian redaksi diambil obyek penelitian yaitu sejumlah 34 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang meliputi kuesioner tentang program pelatihan, tingkat pendidikan dan masa kcrja : data sckundcmya yang meliputi data personalia, program pelatihan yang diikuti wartawan selama satu tahun yaitu tahun 1998, program kerja dan gambaran umum perusahaan Sedangkan untuk analisa datanya digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Analisa data secara kuantitatif menggunakan rumus Chi-square. Uji statistik koefisien kontingensi maksimum dan koefisien korelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:38
Last Modified: 12 Jul 2022 01:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24275

Actions (login required)

View Item View Item