ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. KARYA TOHA PUTRA, SEMARANG)

SIDIQ, NASRUDIN (1998) ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. KARYA TOHA PUTRA, SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04944786_fultext.pdf

Download (22MB)

Abstract

Salah satu kegiatan perusahaan yang berorientasi pada konsumen adalah pemasaran (marketing) dimana usaha-usaha itu dapat berawal dari konsumen dan berakhir pada konsumnen itu pula Untuk itu perusahaan dituntut agar mampu beradaptasi dan bereaksi terhadap perubahan-perubahran baik yang bersifat inter mapun ekstern. Oleh karena itu, perusahaan harus mempunyai data-data yang dapat diandalkan, selanjutnya dapat dijadikan suatu informsasi sebagai landasan untuk pengambilan keputusan dan strategi perusahaan yang dapat digunakan untuk pencapaian tujuan perusahaan PT. Karya Toha Putra, sebaga perusahaan percetakan yang cukup besar, selalu berusaha mengembangkan strategi persahaan yahng mungkin dapat digunakan ntnk menghadapi persaingan persaingan yang ada di pasar. Hal ini juga untuk mengatasi banyaknya perusahaan percetakan yang tmbuh. Adapun untuk menghadapi persaingan PT Karya Toha Putra mengandalakan kekuatan-kekuatan Yang dimilikinya, misalnya harga produk yang relatif lebih murah, kualitas produkn yang baik, pangsa pasar yang luas serta serta fasilitas-fasihitas yang menunjang untuk memproduksi produk yang dapat diandalkan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportumity), serta ancaman (threat) pada PT Karya Toha Putra. Untuk menganalisis hal tersebut penehiti menggunakan analisis SWOT, karena analisis ini sangat ampuh apabila digunakan secara tepat Identifikasi elemen-elemen yang merupakan kekuatan, kelemahan, pelang serta ancaman merupakan langkah pertama dalam analisis SWOT, selanjutnya pemberian bobot dari mnasing-masing elemen, dan penilaian atas elemen-elemen tersebut. Setelah diketahui bobot dan milai dari masing-masing elemen, baru dapat ditentukan nilai tertimbangnya yaitu dengan cara mengalikan bobot dengan nilai elemen tersebut dan selanjutnya menjumlahkan nilai tertimbang secara keselur uhan. Dengan nilai tertimbang dari masing- masing elemen maka dapat digambar suatu matrike SWOT, dirana dalarm matrik tersebut dapat diketahui posisi perusahaan dalam persaingan yaitu pada posisi persaingan yang aman dan berada pada lingkungan usaha yang spekulatif, sehingga dalam matrik SWOT teridentifikasi unit saha invest. Dengan posisi ini posisi imi perusahaan berada pada lingkungan eksternal pada hingkat ancaman yang tinggi tetapi memiliki peluang yang tinggi pula, dan dalam posisi imi pula perusahaan banyak mempyai kesempatan tuk mengembangkan strategr perusahaan sesuai denga kondisi persahaan Setelaht diketahi posisi perusahaan aka dapat ditentukan str ate gi perusahaan yang sesuai dengan posisi perusahaan serta kondisi perusahaan baik intern maupun ekstern. Strategi perusahaan yang dapat dijalank:an antara lain strategi memimpin pasar berdasar segmen, strate gi kombinasi, strategi pemusatan produk atau spesialisasi, investasi selektif, mencari inforasi pasar yang baik, memperbaiki kelemahan dan mempertahankan atau meningkatkan keunggulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:55
Last Modified: 13 Jul 2022 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24268

Actions (login required)

View Item View Item