Hubungan Antara Psychologycal Meaning of Money Dan Konformitas Kelompok Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2017-2019 UNISSULA

Sintiya, Filiana Ayu (2021) Hubungan Antara Psychologycal Meaning of Money Dan Konformitas Kelompok Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2017-2019 UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
30701700039_fullpdf.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological meaning of money dan konformitas kelompok terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Psikologi angkatan 2017-2019 UNISSULA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 92 yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Psikologi angkatan 2018. Teknik penngambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala perilaku konsumtif, skala psychological meaning of money dan skala konformitas kelompok. Skala perilaku konsumtif terdiri dari 40 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,930. Skala psychological meaning of money terdiri dari 23 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,803. Skala konformitas kelompok terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,875. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi ganda dua prediktor dan korelasi parsial. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukkaan adanya hubungan yang signifikan antara psychological meaning of money dan konformitas kelompok terhadap perilaku konsumtif, R = 0,588, F = 23,542 dengan p = 0,000 (p<0,01), hipotesis diterima. Hasil analisis hipotesis kedua menunjukkan koefisien korelasi rx1y = -0,066 dengan taraf signifikan p = 0,534 (p>0,01), sehingga hipotesis ditolak. Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konformitas kelompok dengan perilaku konsumtif, koefisien korelasi rx2y = 0,586 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima. Kata kunci: Perilaku konsumtif, psychological meaning of money, konformitas kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:49
Last Modified: 12 Jul 2022 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24249

Actions (login required)

View Item View Item