HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF KELUARGA MUSLIM DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NU 1 WELERI

Rachman, Aprilia (2021) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF KELUARGA MUSLIM DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NU 1 WELERI. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
30701601809_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Pola Asuh Permisif Keluarga Muslim dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMP NU 1 Weleri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP NU 1 Weleri dengan sampel yang digunakan berjumlah 210 siswa SMP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel kelas 1 sebanyak 70 siswa, kelas 2 sebanyak 70 siswa, dan kelas 3 sebanyak 70 siswa. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua skala. Skala Motivasi Belajar terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,818 dan skala Pola Asuh Permisif yang terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,868, Prestasi Belajar diukur menggunakan nilai raport siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS version 20.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa skor rxy sebesar 0,042 dengan taraf signifikan sebesar 0,551 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hasil hipotesis pertama dengan hasil yang didapatkan berupa R= 0,081 dan p=0,506 (p>0,05), sehingga kesimpulannya tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Selain itu, sumbangan efektif terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar memiliki sebesar 0,68% sumbangan efektif terhadap prestasi belajar. Secara keseluruhan variable pola asuh permisif dan motivasi belajar memiliki sumbangan sebesar 0,7% terhadap prestasi belajar, sedangkan 99,3% dipengaruhi oleh factor lain seperti kemampuan belajar, lingkungan belajar dan lain-lain. Hipotesis kedua dapat melihat pengaruh antara variable pola asuh permisif terhadap prestasi belajar dengan mengendalikan variable prestasi belajar diperoleh hasil rx1y= -0,051 dan signifikansi 0,464 (p> 0,05). Kesimpulan yang didasarkan pada hasil penelitian ini, maka hipotesis kedua ditolak. Hipotesis ketiga dapat melihat pengaruh antara variable motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan mengendalikan variable prestasi belajar diperoleh hasil rx2y= 0,081 dan signifikansi 0,244 (p> 0,05). Kesimpulan yang didasarkan pada hasil penelitian ini, maka hipotesis ketiga ditolak. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pola Asuh Permisif, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:24
Last Modified: 11 Jul 2022 02:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24220

Actions (login required)

View Item View Item