HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Arzad, Ibun (2021) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
30701501667_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2017-2018 yang berjumlah 290 mahasiswa. Metode pengambilan sampel memakai simple radom sampling. Pengambilan data menggunakan skala perilaku konsumtif belanja online (14 item valid dengan korelasi α= 0.792) dan skala kontrol diri (13 item valid dengan korelasi α= 0.785). Analisis data menggunakan product moment dan menunjukkan adanya korelasi antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online sebesar rxy= -0,390 dengan p= 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online dapat diterima. kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 12,5% pada perilaku konsumtif belanja onlie pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan sebesar 87,5% di pengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata kunci: Perilaku konsumtif belanja online, kontrol diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:46
Last Modified: 12 Jul 2022 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24209

Actions (login required)

View Item View Item